KONSEP 4M (MENGETAHUI, MENCINTAI, MENGINGINKAN, MENGERJAKAN) PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF RATNA MEGAWANGI DAN RELEVANSINYA DALAM MENCIPTAKAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI MTs N 1 PALEMBANG

Badriyah, Fina (2020) KONSEP 4M (MENGETAHUI, MENCINTAI, MENGINGINKAN, MENGERJAKAN) PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF RATNA MEGAWANGI DAN RELEVANSINYA DALAM MENCIPTAKAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI MTs N 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
A. BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. BAB III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. BAB IV.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dan pendidikan akhlak ialah pendidikan nilai yang sama�sama menekankan pentingnya sebuah proses. Oleh sebab itu, keduanya sangat mengutamakan dan mementingkan latihan dan pembiasaan yang panjang. Pada proses latihan yang panjang serta berkesinambungan, seorang anak diberikan kebebasan dan kesempatan untuk dapat memahami, merasakan serta megamalkan perbuatan-perbuatan yang baik. Sebagaimana dengan kebijakan yang dilakukan oleh sekolah MTs Negeri 1 Palembang dalam menciptakan akhlak siswa yakni melalui pembiasaan, yang ditunjukkan dari beberapa kegiatan sekolah. Salah satu tokoh pendidikan karakter di Indonesia yakni Ratna Megawangi juga menawarkan motode dalam pembentukan karakter yakni konsep 4 M (mengetahui, mencintai, menginginkan, mengerjakan) kebaikan secara berkesinambungan. Maka, bagaimana sebenarnya kerelavanan antara konsep yang diperkenalkan oleh Ratna Megawangi dengan proses menciptakan akhlak siswa di MTs Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian studi kasus. Adapun pendekatan penelitian yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, library research. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis peneliti dapat disimpulkan bahwa konsep 4 M (Mengetahui, Mencintai, Menginginkan, Mengerjakan) pendidikan karakter perspektif Ratna Megawangi memiliki kerelevanan dalam menciptakan akhlak siswa di MTs Negeri 1 Palembang, karena akhlak atau karakter tidak dapat di bentuk hanya melalui proses pembelajaran secara teori, melainkan harus melibatkan aspek yang lain seperti emosi, kognitif, afektif, psikomotorik. Pendidikan karakter siswa merupakan sebuah proses untuk mengukir akhlak melalui proses mengetahui kebaikan, mencintai kebaikan, menginginkan kebaikan dan mengerjakan kebaikan. Ini menunjukkan proses pendidikan yang melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga akhlak mulia dapat terukir menjadi habit of mind, heart and hands.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:42
Last Modified: 18 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16935

Actions (login required)

View Item View Item