PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITY, DAN LEVERAGE TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013-2018

LISTARI, INDA (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITY, DAN LEVERAGE TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013-2018. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islamic Social Reporting adalah pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai dengan prinsip syariah yang tidak terbatas pada aspek material saja, tetapi pada aspek spiritual dan moral. Kepatuhan dalam pengungkapan tanggung jawab sosial sudah menjadi salah satu aturan yang harus dipatuhi dan menjadi kewajiban bagi perbankan syariah untuk mengungkapkan aktivitas operasionalnya agar tidak terjadi perlanggaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitability, dan Leverage terhadap Islamic Social Reporting. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan tahunan dari seluruh bank umum syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2013-2018. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan (X1), profitability (X2), dan Leverage (X3), sementara variabel dependen penelitian ini adalah Islamic Social Reporting (Y). Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kantitatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik Pengambilan sampel menggunkan metode purposive sampling, dan metode ini didapatkan 9 bank umum syariah tahun 2013- 2018 yang menjadi sampe. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan bantuan software Eviews Versi 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Islamic Social Reporting dengan nilai thitung sebesar 3.945102 > t tabel 1.67591 dengan probabilitas 0.0003 < tingkat siginifikan (0.05). Sementara profitability tidak berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap Islamic Social Reporting dengan nilai thitung sebesar - 0.977938 < t tabel 1.67591 dengan nilai probabilitas sebesar 0.3337 > siginifikan (0.05). Leverage berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Islamic Social Reporting dengan nilai t hitung 1.816451 > t tabel 1.67591 dan nilai probabilitas 0.0764 > tingkat siginifikan (0.05). Sedangkan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Islamic Social Reporting dengan nilai F hitung 17.87376 > F tabel 2.79 dan nilai probabilitas 0.00000 lebih kecil dari tingkat signifikan (0.05).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
?? HG ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:54
Last Modified: 18 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16976

Actions (login required)

View Item View Item