Lelang Ikan Louhan Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Pada Komunitas Pecinta Ikan Louhan Palembang (Kplp) Group Facebook)

MAHMUD, SULTAN (2020) Lelang Ikan Louhan Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Pada Komunitas Pecinta Ikan Louhan Palembang (Kplp) Group Facebook). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI SULTAN MAHMUD.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI SULTAN MAHMUD.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI SULTAN MAHMUD.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SKRIPSI SULTAN MAHMUD.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI SULTAN MAHMUD.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Lelang Ikan Louhan Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Pada Komunitas Pecinta Ikan Louhan Palembang (KPLP) Group Facebook). Latar belakang permasalahan penelitian lelang yang menggunakan sistem ini sering kali membuka celah bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan wanprestasi contoh yang pernah dialami bapak wahyu apriansyah ketika hendak membeli ikan dengan menggunakan sistem lelang ini beliau menuturkan setelah sepakat dan menjalin komunikasi dengan penjual dan telah melakukan transfer uang kepada penjual tersebut namun barang yang di menangkan dari hasil lelang tersebut tak seperti yang diharapkan, bahkan ada beberapa kejadian ikan yang dipesan datang dalam kondisi mati dan tidak ada tanggung jawab dari sipenjual tersebut. Permasalahan skripsi ini (1) Bagaimana praktik jual beli ikan louhan pada Komunitas Pecinta Ikan Louhan Palembang (KPLP) dengan sistem lelang online di jejaring sosial facebook? (2) Bagaimana praktik jual beli online ikan louhan pada Komunitas Pecinta Ikan Louhan Palembang di jejaring sosial group facebook perspektif Hukum Ekonomi Syariah? Dalam Penelitian ini merupakan penelitian Field research (lapangan) dengan menggunakan pendekatan empiris, adapun jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis kualitatif, sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder yang merupakan dari hasil wawancara, dan dokumentasi informan yang dipilih serta penelitian ini berasal dari bahan kepustakaan bahan penunjang berupa literatur-literatur buku pengetahuan, kitab-kitab Fiqh Muamalah, Hadits, dan literatur-literatur lainnya yang mendukung, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, praktik jual Beli Ikan Louhan dengan sistem lelang online Pada Komunitas Pecinta Ikan Louhan Palembang (KPLP) group Facebook. Pada prakteknya dilapangan, banyak terjadi permasalahan namun rukun dan syarat jual beli dalam hukum ekonomi syariah sudah terpenuhi,dan Islam menjelaskan bahwa pada dasarnya belum ada hukum Islam yang mengatur secara khusus tentang jual beli online namun kemudian diqiyaskan dengan bai’as-salam yang memperbolehkan lelang apabila telah memenuhi rukun dan syarat tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:55
Last Modified: 18 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item View Item