PERAN LAYANAN BIMBINGAN PRANIKAH DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (Studi di KUA Kecamatan Kotabumi Kota, Kabupaten Lampung Utara)

ARDIYANTO, ARDIYANTO (2019) PERAN LAYANAN BIMBINGAN PRANIKAH DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (Studi di KUA Kecamatan Kotabumi Kota, Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2.BAB_I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB_II.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB_III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB_IV.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB_V.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Layanan Bimbingan Pranikah Dalam Membentuk Keluarga Sakinah (Studi di KUA Kecamatan Kotabumi Kota), Peneliti ingin mengetahui bagaimana peran layanan bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Kotabumi Kota, secara umum peneliti ingin melihat tiga hal yaitu : bagaimana kondisi objektif permasalahan keluarga di kecamatan Kotabumi kota, bagaimana peran layanan bimbingan pranikah dalam membentuk keluarga sakinah di KUA Kecamatan Kotabumi Kota, dan apa faktor pendukung dan penghambat pembentukan keluarga sakinah di Kecamatan Kotabumi Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah pegawai KUA, pasangan yang telah mengikuti bimbingan pranikah pada bulan Juni sampai Desember tahun 2016 di KUA Kecamatan Kotabumi Kota. Hasil penelitian ini adalah : kondisi objektif permasalahan keluarga di kecamatan Kotabumi kota di antaranya adalah banyaknya fenomena perceraian yang terjadi di Kecamatan Kotabumi kota dan juga banyaknya tingkat pernikahan dini dikalangan remaja akibat pergaulan bebas. Kemudian Peran layanan bimbingan pranikah dalam membentuk keluarga sakinah di KUA Kecamatan Kotabumi Kota sangat membantu dalam pembentukan keluarga sakinah dan juga sangat bermanfaat bagi calon pengantin untuk menjadi keluarga yang sakinah. Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembentukan keluarga sakinah di Kecamatan Kotabumi Kota. Faktor pendukung diantaranya antusiasme peserta, pembimbing yang cukup kompeten, sarana dan prasarana yang memadai dan faktor penghambat diantaranya keterbatasan waktu dan kurangnya kedisiplinan peserta.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:57
Last Modified: 18 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17017

Actions (login required)

View Item View Item