EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I PALEMBANG

NILA RIYANTI, NILA (2014) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img] Text
09 BAB I (Proposal).docx

Download (55kB)
[img] Text
10 BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
11 BAB III.docx

Download (189kB)
[img] Text
13 BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul efektivitas pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs N I Palembang merupakan penilitian kuantitatif yaitu terdiri dari lima bab: bab I pendahuluan, bab II landasan teori, bab III gambaran umum lokasi penelitian, bab IV analisis data dan bab V penutup. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah sejauh mana hubungan efektivitas pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan efektivitas pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs N I Palembang dan kegunaan penelitian ini dapat dimanfaatkan langsung oleh individu siswa yang bersangkutan sebagai bahan masukan bagi diri siswa tentang pentingnya Ekstrakurikuler BTA di MTs N I Palembang dan sebagai bahan informasi dan bahan masukan serta solusi dalam memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca dan menulis Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 282 dengan sampel penelitian sebesar 15% yaitu sebanyak 42 siswa. Sedangkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan Efektivitas pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dianalisis menggunakan rumus product moment. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil data bahwa secara persentase Efektivitas Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an di MTs N I Palembang dapat dikategorikan cukup baik. Dengan rincian dari 42 responden sebanyak 9 siswa (21,43%) yang menyatakan palaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an tergolong baik, ada 26 siswa (61,67%) cukup baik dan 7 siswa (16,67%) kurang. Sedangkan Hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs N I Palembang tergolong cukup baik Dari 42 responden ada 12 siswa (28,57 %) yang tergolong baik hasil belajarnya, 20 siswa (47,62 %) tergolong cukup baik dan 10 siswa (23,81%) kurang. Terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs N I Palembang. Karena berdasarkan perbandinyan nilai “r” yang didapat dari nilai r_(xy ) adalah lebih besar dari pada “r” tabel. Pada taraf siknifikansi 5 % sebesar 0,349, sedangkan pada taraf signifikansi 1 % diperoleh “r” tabel sebesar 0,393. Dan nilai r_(xy ) yaitu sebesar 0,430 maka r_(xy ) lebih besar (0,349 < 0,430 > 0,393).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:46
Last Modified: 18 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17178

Actions (login required)

View Item View Item