KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LALAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

RIFA’I, IRFAN (2021) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LALAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I A4.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V A4.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Lalan Kabupaten Musi Banyuasin”. Latarbelakang penelitian ini adalah kepala sekolah belum sepenuhnya melakukan pengembangan guru dan staf karena banyaknya tugas di luar sekolah, kurangnya kepala sekolah memberikan perhatian serta motivasi kepada para guru dan staf di sekolah, sehingga guru dan staf kurang bergairah dalam melaksanakan tugas. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah SMK N 1 Lalan Kabupaten Musi Banyuasin, dan (2) apa sajakah Faktor Pendukung dan Penghambat Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah SMK N 1 Lalan Kabupaten Musi Banyuasin. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah SMK N 1 Lalan, dan (2) untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah SMK N 1 Lalan Kabupaten Musi Banyuasin. Metode penelitian ini berupa deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yakni kepala sekolah, dua guru dan dua staf. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mangacu pada model Miles dan Huberman, yang meliputi mereduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional yang dilakukan oleh kepala sekolah SMK Negeri 1 Lalan Kabupaten Musi Banyuasin sudah baik, karena kepala sekolah sudah memenuhi karakteristik berikut ini: pertama, menunjukkan pengaruh ideal, dengan indikator rasa hormat untuk dipercaya dan kepercayaan kepada orang lain. Kedua, memunculkan motivasi inspirasional dengan indikator seperti: kemampuan memotivasi dan memberi inspirasi melalui visi yang jelas. Ketiga, memberikan stimulasi intelektual, dengan indikator menunjukkan usaha pemimpin yang mendorong pengikut menjadi inovatif. Keempat, memperlakukan pengikut dengan memberi perhatian kepada individu dengan indikatornya seperti: memberikan perhatian secara personal kepada semua individu dan membuat semua indivisu merasa dihargai. Faktor yang mendukung kepemimpinan trasnformasional kepala sekolah di SMK Negeri 1 Lalan yaitu memiliki mental pendidik dan adanya motivasi untuk berubah ke arah yang lebih baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu rendahnya honor atau penghasilan, masih adanya pola pikir yang instan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:43
Last Modified: 18 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17268

Actions (login required)

View Item View Item