PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MI AL-HIKMAH PALEMABANG.

HAFIZA SCORPIANTY TAMA, HAFIZA (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MI AL-HIKMAH PALEMABANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
sasa bab 1-1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sasa BAB II-1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sasa BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Terhadap Keterampilan Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Al-Hikmah Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena MI ini belum menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengunkan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking di kelas IV MI Al-Hikmah Palembang? 2)Bagaimana keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking di kelas IV MI Al-Hikmah Palembang? 3)Bagaimana perbedaan sebelum dan setelah dalam menerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking terhadap keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Al-Hikmah Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan setelah dalam menerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking terhadap keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Al-Hikmah Palembang. Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa MI Al-Hikmah Palembang. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen, subjek penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas IV sebagai eksperimennya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eskperimen dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al-Hikmah Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisa data yang digunakan adalah analisa uji tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan keterampilan menulis karangan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas eksperimen, penggunaan tes “t” untuk menguji dua sampel dengan Cerita Rumpang terhadap keteramopilan menulis karangan pada siswa MI Al-Hikmah Palembang menunjukkan bahwa nilai yaitu 7,39 lebih besar dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,14 dan t tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,98. Dengan kata lain 2,14<7,39>2,98 maka Hipotesis Nihil ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:49
Last Modified: 18 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17297

Actions (login required)

View Item View Item