HUBUNGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI KELAS XI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG

KURNIAWANSYAH, KURNIAWANSYAH (2014) HUBUNGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI KELAS XI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1. Bab Satu.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Bab Dua.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab Tiga.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_ Bab Kelima.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
00000Cover kurniawan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. Abstrak kurniawan.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul hubungan penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam di kelas XI SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Dengan rumusan masalah; 1)Bagaimana Penggunaan Media Teknologi Informasi dan komunikasi Pada Mata Pelajaran Al-Islam di Kelas XI SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang?. 2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Islam di Kelas XI SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang?. 3) Apakah Ada Hubungan Yang Signifikan Antara Pengunaan Media Teknologi Informasi dan komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Islam di Kelas XI SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam di SMA ‘Aisyiyah 1Palembang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, adapun yang menjadi sampling dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Untuk mendapatkan data, penulis menyebarkan angket tentang penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi serta mengambil nilai dari hasi tes belajar siswa di SMA ‘Aisyiyah 1Palembang. Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, Pertama, penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang dapat dikategorikan sedang, terbukti dari 70 orang siswa sebagai responden terdapat 51 orang atau 72% menyatakan sedang, dikategorikan sedang karena karena media pembelajran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah mampu membantu proses pembelajaran. Kedua, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang juga tergolong sedang hal ini dibuktikan dari hasil belajar yang diambil dari hasil tes siswa, dan didapatkan 45 orang atau 64% yang menyatakan sedang, karena hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam sudah cukup baik. Ketiga, Ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang, dengan perhitungan hasil korelasi product momentnya sebesar 0,2782 jika dikonsultasikan dengan table distribusi t (t tabel) maka pada tarafsignifikansi 5% adalah 0,349 dan pada tarafsignifikansi 1 % adalah 0,449. Ini berarti hipotesis penelitian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan bahwa hubungan antara penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam di SMA ‘aisyiyah 1 Palembang mempunyai hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 09:28
Last Modified: 18 Oct 2021 09:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item