PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

INNE TIARA ANGGITA, INNE (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran selalu menggunakan metode konvensional, sehingga guru yang lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kurangnya keaktifan siswa, kesulitan memahami materi Biologi dan rendahnya kesadaran belajar berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi struktur dan fungsi sistem pencernaan manusia kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan kategori quasi eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebagai variabel bebas dan hasil belajar Biologi siswa sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengukur aktifitas belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung, tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan masalah penelitian. Analisis tes menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi pada materi struktur dan fungsi sistem pencernaan pada manusia di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas eksperimen 71,7 yang lebih besar dari pada kelas kontrol 66 dengan thitung = 73,864 > ttabel = 71,76471, pada taraf signifikan 5%. Demikian juga dari hasil observasi yang aktifitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) digolongkan baik dengan nilai rata-rata 70,75 %. Kata kunci: Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa, Struktur dan Fungsi Sistem Pencernaan Pada Manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:52
Last Modified: 21 Oct 2021 01:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17689

Actions (login required)

View Item View Item