KHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP DAYA INGAT SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
bab I.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadapa Daya Ingat Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Pendidikan kewarganegaraan yang ada di Madrasah Ibtidaiyah sangat menarik sekali jika disampaikan oleh guru dengan model pembelajaran yang inovatif, sedangkan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi PKn terkenal model yang konvensional saja. Salah satu model tersebut adalah Model Pembelajaran Mind Mapping atau pemetaan pikiran merupakan cara kreatif bagi tiap pembelajaran untuk menghasilan gagasan, mencatat apa yang dipelajari, atau merencanakan tugas baru untuk menghasilkan dan menata gagasan sebelum mulai menulis.Rumusan Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Bagaimana daya ingat siswa kelas IV pada mata pelajaran PKN sebelum dan sesudah diterapkan Model Mind Mapping di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang?Bagaimanakah pengaruh diterapkan Model Mind Mapping terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang?.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan diterapkan Model Mind Mapping Terhadap daya ingat siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.Untuk mengetahui pengaruh diterapkan Model Mind Mapping terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang, dengan sampel kelas IVa berjumlah 28 siswa dan IVb juga 28 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Cluster Random Sampling.Analisis dalam skripsi ini adalah menggunakan tes t untuk mengetahui adanya pengaruh antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen yang mengunakan dan tidak mengunakan model pembelajaran mind mapping Presentase nilai hasil belajar kelas kontrol yang tidak mengunakan model pembelajaran mind mapping dikategorikan tinggi 4 orang (14%), sedang 12 orang (75%), dan rendah 3 orang (11%). Untuk nilai hasil belajar kelas eksperimen yang mengunakan model mind mapping dikategorikan tinggi 5 orang (18%), sedang 18 orang (64%), dan rendah 5 orang (18%). Berdasarkan analisis data dengan rumus tes t adalah nilai perhitungan tes t lebih besar daripada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,00 < 4,35 > 2,67 Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palemban
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:54 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17738 |
Actions (login required)
View Item |