KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM POSTER CALON LEGISLATIF DPRD KOTA PALEMBANG PADA PEMILU 2019

TAQRIR AL ISLAMIY, TAQRIR (2020) KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM POSTER CALON LEGISLATIF DPRD KOTA PALEMBANG PADA PEMILU 2019. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV dan Daftar Pustaka.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM POSTER CALON LEGISLATIF DPRD KOTA PALEMBANG PADA PEMILU 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semiotika yang terdapat dalam poster kampanye calon legislatif DPRD Kota Palembang dan pesan nonverbal yang terkandung dalam poster kampanye tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti mengambil subjek sebanyak 8 poster berdasarkan foto caleg yang menarik untuk diteliti yang didapatkan melalui observasi di jalanan Kota Palembang maupun dari media sosial. Setelah itu poster tersebut dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha mencari makna denotatif, konotatif dan mitos kemudian pesan nonverbal yang disampaikan dalam poster kampanye caleg DPRD Kota Palembang yang terdiri dari pesan kinesik, artifaktual dan proksemik. Hasil dari penelitian ini menemukan makna semiotika berupa gambaran kepribadian, aktifitas, prinsip serta tujuan caleg yang memiliki persamaan dan perbedaan setiap posternya. Makna yang ditemukan pada dasarnya sama yang ditunjukkan untuk menarik simpati dari masyarakat. Poster kampanye caleg tersendiri memiliki pesan, simbol dan ciri khas tersendiri yang memberikan makna yang berbeda pula setiap posternya baik itu makna positif maupun negatif semua itu tergantung dari persepsi dan pola pikir yang berbeda dari setiap masyarakat yang memaknai pesan dalam poster tersebut seperti apa nantinya dan juga masyarakat diharapkan mampu meningkatkan sikap kritis dan sikap selektif dalam menghadapi serbuan media kampanye politik agar terhindar dari berbagai bentuk persepsi dan kesalah pahaman. Kata Kunci: Komunikasi Nonverbal, Semiotika, Poster Kampanye.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:57
Last Modified: 21 Oct 2021 01:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17788

Actions (login required)

View Item View Item