PENGARUH MONEY POLITICS TERHADAP PILIHAN MASYARAKAT PADA PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN MUARA ENIM TAHUN 2017 (Studi Kasus Di Desa Teluk Limau Kecamatan Gelumbang)

Kazali, Revi (2019) PENGARUH MONEY POLITICS TERHADAP PILIHAN MASYARAKAT PADA PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN MUARA ENIM TAHUN 2017 (Studi Kasus Di Desa Teluk Limau Kecamatan Gelumbang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruhnya Money Politics Terhadap Pilihan Masyarakat Pada Pilkades Serentak Di Kabupaten Muara Enim Tahun 2017 (Studi Kasus Di Desa Teluk Limau Kecamatan Gelumbang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atau mengetahui bagaimana pengaruhnya money politics terhadap pilihan masyarakat pada Pilkades tahun 2017, dan mengidentifikasi atau mengetahui faktor apa yang mempengaruhi pilihan masyarakat pada Pilkades tahun 2017 dengan adanya money politics. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini ada di Desa Teluk Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Dan murni penelitian ini adalah masyarakat setempat. Untuk mendapatkan data yang diperoleh dengan menggunakan populasi dan sampel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1.328 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan telah dibagikan serta dijumlah maka sampel yang diambil sejumlah 93 orang responden. Dan mengambil sampel penelitian menggunakan teknik sampling. Untuk mengumpulkan data yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner. Maka data yang telah diperoleh dianalis deskriptif statistik. Teori dalam penelitian ini ada dua teori yang digunakan yaitu teori Patronase dan teori Klientalisme. Teori Patronase ada lima macam yaitu, vote buying, individual gifs, services and aktivties, club goods, pork barrel projects. Sedangkan teori Klientalisme ada tiga macam yaitu, tim sukses, mesin jejaring sosial, dan partai politik. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa pengaruhnya money politics pada Pilkades tahun 2017 ini sangatlah besar pengaruhnya terhadap perilaku memilih masyarakat. Pada Pilkades tahun 2017 ini masyarakat Desa Teluk Limau rata-rata sebagian besar perilaku memilihnya berubah ketika adanya money politics yang mereka terima. Faktor yang mempengaruhi perilaku memilih masyarakat Desa Teluk Limau pada Pilkades tahun 2017 ini adalah cenderung masyarakat memilih alasan karena faktor ekonomi yang telah merubah pilihan mereka setelah menerima money politics.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:03
Last Modified: 21 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17841

Actions (login required)

View Item View Item