PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RAMBANG DANGKU KABUPATEN MUARA ENIM

UBAIDILLAH NIM, UBAIDILLAH (2016) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RAMBANG DANGKU KABUPATEN MUARA ENIM. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS COVER.rtf.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS finish.rtf.pdf

Download (902kB) | Preview

Abstract

Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas seorang pendidik. Dalam fungsinya sebagai supervisor, maka Kepala Sekolah harus melakukan berbagai terobosan dalam bidang supervisi yang dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kualitas guru tersebut. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap guru Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendorong pelaksanaan kegiatan supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap guru Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim. Sumber data dalam proses penelitian ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, sumber data primer adalah lima orang kepala sekolah dan lima guru PAI. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah data pendukung berupa dokumen-dokumen sekolah yang relevan dengan penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisa data menggunakan langkah reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian ini didapatkan fakta bahwa pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap guru Pendidikan Agama Islam di sekolah tingkat dasar di Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim sudah terlaksana. Pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah sudah sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Akan tetapi pelaksanaan supervisi akademik di Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim masih memerlukan perbaikan-perbaikan, antar lain penggunaan teknik-teknik yang lebih baik dan lebih bervariasi dalam pelaksanaan supervisi akademik dan efektivitas pelaksanaan program tindak lanjut harus lebih dimaksimalkan lagi. Penggunaan instrumen supervisi juga masih belum digunakan sepenuhnya. Selain itu pembuatan laporan pelaksanaan supervisi akademik juga dianggap penting sebagai sarana untuk memantau perkembangan kualitas guru di Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih bagi pengambil kebijakan, bagi Kepala Sekolah, guru dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam dunia pendidikan sebagai bahan pertimbangan dan juga sebagai bahan pembelajaran bagi kita semua.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86130 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:50
Last Modified: 21 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17857

Actions (login required)

View Item View Item