LITERASI WAKAF TUNAI PADA POLIS ASURANSI AXA MANDIRI SYARIAH DI PALEMBANG : Studi Kasus PT. AXA Mandiri Financial Service Palembang

Chairunissa, Fieska (2021) LITERASI WAKAF TUNAI PADA POLIS ASURANSI AXA MANDIRI SYARIAH DI PALEMBANG : Studi Kasus PT. AXA Mandiri Financial Service Palembang. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fieska chairunissa, NIM 1806022006, Judul Tesis: Literasi Wakaf Tunai Pada Polis Asuransi AXA Mandiri Syariah Palembang, S2 Magister Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Dengan Pembimbing Tesis I Dr. Zainal Berlian, S.H., M.M., D.B.A. dan Pembimbing II Dr. Heri Junaidi, M.A. Penelitian berjudul Literasi Wakaf Tunai Pada Polis Asuransi AXA Mandiri Syariah Palembang (Studi Kasus PT AXA Mandiri Financial Service Palembang) berangkat dari problematika dalam melakukan optimalisasi wakaf sebagai salah satu instrumen sosial dalam Islam. Tujuan dari penelitian, yaitu untuk mengetahui bagaimana literasi wakaf tunai pada polis asuransi AXA Mandiri Syariah Palembang dan juga untuk mengetahui bagaimana literasi wakaf tunai pada polis asuransi AXA Mandiri Syariah Palembang dalam perspektif ekonomi syariah. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan “field research” dengan metodelogi pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah informan dari wilayah penelitian yaitu PT AXA Mandiri Financial Service Region BSI 3 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi wakaf tunai pada polis asuransi AXA Mandiri Syariah Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa pemahaman responden terhadap wakaf tunai pada polis asuransi Syariah meningkat, dapat dilihat dari peningkatan kenaikan polis asuransi wakaf tunai dan diikuti surplus underwriting dari tahun 2019 ke tahun 2020, dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai literasi wakaf tunai melalui polis asuransi syariah dalam prespektif ekonomi syariah pada PT. AXA Financial Service Palembang dapat disimpulkan bahwa dari hasil dana wakaf tunai yang sudah disalurkan, PT AXA Mandiri Syariah sudah memproduktifkan Khadijah learning center Sukabumi, Sekolah Al Bayan Mandiri Bogor, RS AKA Sri Bhawono Lampung, dan Pesantren cendikia Amanah. Pengelolaan wakaf tunai yang dilakukan AXA Mandiri Syariah sudah sesuai dengan perspektif ekonomi syariah yang mana pengelolaan wakaf tunai yang dilakukan oleh lembaga wakaf haruslah mengarah kepada pemenuhan kesejahteraan masyarakat di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Pelayanan sosial dan pengembangan usaha kecil dan menengah. Instrument wakaf tunai pada polis asuransi juga dapat menjadi edukasi bagi masyarakat untuk mengaplikasikan ibadah dengan cara-cara yang modern. Kata Kunci: Literasi, Wakaf Tunai, Polis Asuransi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi keuangan
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: ?? Ekonomi_Syariah_S2) ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:01
Last Modified: 08 Nov 2021 03:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18295

Actions (login required)

View Item View Item