PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SD NEGERI 1 BANTAN

ARISCA, ANDELA (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SD NEGERI 1 BANTAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe reading guide dalam meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V di SD Negeri 1 Bantan. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini adalah karena faktor yang ada dilapangan bahwa siswa belum sepenuhnya mempunyai pemahaman materi karena sering kali materinya rumit. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penerapan strategi pembelajaran aktif tipe reading guide untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe reading guide dalam Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V di SD Negeri 1 Bantan? Bagaimana perbandingan antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe reading guide dengan yang tidak menggunakan stategi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V di SD Negeri 1 Bantan? Bagaimana Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe reading guide dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V di SD Negeri 1 Bantan? Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan Tru Expremential Design (Eksperimen yang betul-betul) dengan pola Posttest Only Control Design yaitu suatu kelompok yang diberi perlakuan dan diadakan tes akhir. Variabel dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu variable bebas (strategi pembelajaran reading guide) dan variable terikat (hasil belajar siswa). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa yang terbagi dari kelas eksperimen 22 siswa dan kelas control 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes (posttest), observasi, wawancara, dokumentasi dan ceklist, sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis uji-t. Berdasarkan analisis data tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Reading Guide dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 1 Bantan Pelita dari hasil observasi guru tergolong baik. Kedua, perbandingan antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran reading guide pada kelas ekperimen memiliki rata-rata yaitu 81,04 dan siswa dikelas kontrol yang menggunakan metode konversional memiliki ratarata 74,2. Ketiga, dari hasil Uji hipotesis dengan merujuk pada Uji-T dengan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh Fhitung 2,07. Sedangkan Ftabel 1,68, ternyata Fhitung ≥ Ftabel . karena Fhitung lebih besar dari Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe reading guide dalam meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V di SD Negeri 1 Bantan. Kata kunci : Strategi pembelajaran aktif, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif Hasil Belajar IPS
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:55
Last Modified: 29 Nov 2021 06:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18477

Actions (login required)

View Item View Item