ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DI KELAS IV SD NEGERI 4 MENANGA SARI KABUPATEN OKU TIMUR

Rahmayanti, Rizky (2021) ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DI KELAS IV SD NEGERI 4 MENANGA SARI KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
a) BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e) BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang kreativitas guru dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan di SD Negeri 4 Menanga Kab. OKU Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mewujudkan lingkungan belajara yang rileks pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 4 Menanga, kreativitas guru dalam menyesuaikan materi dan metode pembelajaran pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 4 Menanga, kretivitas guru dalam mewujudkan lingkungan belajar yang menantang pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 4 Menanga. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kreativitas guru dalam mewujudkan lingkungan belajar yang rileks sudah cukup baik, ditunjukkan dengan membersihkan ruang kelas, penggunaan ice breaking, mengatur tempat duduk siswa, pemberian reward. Selain itu kreativitas guru dalam menyesuaikan materi dan metode pembelajaran juga sudah cukup baik karena dapat membuat siswa bersemangat dan mudah memahami pelajaran, akan tetapi metode yang digunakan adalah metode yang memang sudah ada sebelumnya karana guru belum pernah menciptakan metode pembelajaran sendiri. Sedangkan dalam mewujudkan situasi belajar yang menantang dilakukan guru dengan beberapa cara yaitu, memberikan materi yang menciptakan keingintahuan, memberikan kuis, meminta siswa maju kedepan kelas mengerjakan tugas dengan benar, memberikan reward kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan, memberikan kebebasan kepada siswa untuk berpendapat. Keyword: Kreativitas Guru, Pembelajaran Menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru Pembelajaran Menyenangkan.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Nov 2021 05:39
Last Modified: 30 Nov 2021 05:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18581

Actions (login required)

View Item View Item