ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA PADA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA KELAS IV DI SD NEGERI 6 PAGAR ALAM

Lestari, Tania Tri Julia (2021) ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA PADA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA KELAS IV DI SD NEGERI 6 PAGAR ALAM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran tidak lepas dari peran guru di sekolah. Peran guru sangat penting terutama dalam keterampilan membaca karena guru dituntut untuk dapat memberikan motivasi kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca sehingga timbul motivasi bagi siswa untuk belajar membaca buku. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui : (1) bagaimana peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 6 Pagar Alam. (2) bagaimana kemampuan membaca pada siswa setelah adanya peran guru kelas. (3) apa saja kendala yang dihadapi guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca siswa yang mengalami kesulitan membaca. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca ditunjukkan dari segala upaya guru memberikan dorongan kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca. (2) kemampuan membaca siswa meningkat setelah adanya peran guru kelas. (3) kendala yang dialami guru kelas yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci : Peran guru kelas, motivasi belajar membaca, siswa kesulitan membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran guru kelas motivasi belajar membaca siswa kesulitan membaca.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Dec 2021 06:23
Last Modified: 03 Dec 2021 06:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18677

Actions (login required)

View Item View Item