PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK BERBASIS EKSPERIMEN PADA TEMA 3 "PERUBAHAN WUJUD BENDA" KELAS III SD/MI

Rosa, Mella (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK BERBASIS EKSPERIMEN PADA TEMA 3 "PERUBAHAN WUJUD BENDA" KELAS III SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 14 Palembang dengan tujuan: (1) menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tematik berbasis eksperimen untuk kelas III SD/MI pada tema 3 subtema 3 tentang “Perubahan Wujud Benda”; (2) mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tematik berbasis eksperimen tema 3 subtema 3 kelas III SD/MI yang valid; (3) mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tematik berbasis eksperimen tema 3 subtema 3 kelas III SD/MI yang praktis; (4) mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tematik berbasis eksperimen tema 3 subtema 3 kelas III SD/MI yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Tessmer bernama evaluasi formatif (formative evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tematik berbasis eksperimen untuk kelas III SD/MI pada tema 3 subtema 3 tentang “Perubahan Wujud Benda” dapat digunakan untuk di uji validitasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Terlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi LKPD untuk dijadikan prototype I sehingga dapat diuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) penilaian hasil Walkthrough dan angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review skor 90 dan one to one skor 89 sehingga skor rata-rata sebesar 89,5 dikategorikan sangat valid, (3) penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada small group dengan rata-rata skor sebesar 90 dikategorikan sangat praktis, serta (4) penilaian hasil tes kefektifan yang dilakukan pada field test dengan skor rata-rata sebesar 83 sehingga dapat dikatakan sangat efektif. Kata-kata kunci: tematik, eksperimen, penelitian dan pengembangan (RnD)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: tematik eksperimen penelitian dan pengembangan (RnD)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Dec 2021 06:23
Last Modified: 03 Dec 2021 06:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18680

Actions (login required)

View Item View Item