PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAPEL PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 54 PALEMBANG

Dewi, Nurul Fitriana (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAPEL PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 54 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang dialihkan secara daring oleh pemerintah karena wabah virus corona membuat pendidik dan peserta didik kesulitan dalam menyesuaikan pembelajaran. Meski perkembangan teknologi telah dirasakan oleh hampir seluruh orang, namun karena kurangnya pembiasaaan memanfaatkan teknologi menjadikan pendidik dan peserta didik kesulitan dalam pembelajaran daring. Meskipun demikian dapat dirasakan pula urgensi pembelajaran tatap muka, dengan demikian maka sangat penting bagi pendidik untuk menerapkan pembelajran yang inovatif. Pembiasan pemanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi perlu dilakukan menginggat kehidupan sehari-hari peserta didik dekat dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran blended learning dan yang tidak menerapkan model pembelajaran blended learning. Jenis penelitian ini ialah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 54 Palembang. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa soal essay. Data dianalisis dengan uji t atau t-test. Dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan dan yang tidak diterapkan model pembelajaran blended learning. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis yaitu t hitung sebesar 4,86 dan pada taraf signifikansi 5% dan taraf signifkansi 1% dengan rincian 2,00<4,86>2,65. Dengan demikian dari uji t peneliti di atas dapat disimpulkan bahwa H_o yang diajukan ditolak ini berarti H_a diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Blended Learning Pembelajaran Daring, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:14
Last Modified: 14 Dec 2021 04:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18796

Actions (login required)

View Item View Item