Abu Bakar Abdul Roni, penulis and Endang Rochmiatun, Pembimbing 1 and Yanto, M.Hum., M.IP, Pembimbing II (2021) PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SMA LIFE SKILL TEKNOLOGI INFORMATIKA INDO GLOBAL MANDIRI PALEMBANG. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
SKRPSIKU-converted.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Nama : Abu Bakar Abdul Roni Nim : 1534400070 Fakultas : Adab Dan Humaniora Prodi/Tahun : Ilmu Perpustakaan/ 2021 Judul skripsi : Peran Perpustakaan Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Peserta Didik Di SMA Life skill Teknologi Informatika Indo Global Mandiri Palembang xx+65 hal+lampiran Skripsi ini membahas tentang peranan perpustakaan dalam menunjang proses kegiatan pembelajaran perpustkaan SMA Life skill Teknologi Informatika Indo Global Mandiri. Pokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan perpustakaan dalam menunjang kegiatan proses pembelanjaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni penelitian yang mendeskripsikan mengenai fakta-fakta antar fenomena yang diselidiki dan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian dengan cara mendeskripsikan dan mengumpulkan data melalui keterlibatan langsung dilapangan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Informan terdiri dari 2 (dua) orang pengelola perpustakaan, 3 (tiga) orang guru dan 6 (enam) orang siswa sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perpustakaa dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran. Memiliki peran dalam menujang pembelajaran siswa-siswi Sedangkan yang menjadi kendala utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya tenaga pengelola perpustakaan sehingga perpustakaan tidak berjalan dengan baik, dan kurangnya sarana dan prasaran sehingga mengakibatkan kurang dan kecintaan terhadap perpustakaan sangat rendah karna siswa jarang berkunjung di perpustakaan. Dari hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa Perpustakaan memiliki peranan penting dalam menunjang proses pembelajaran peserta didik. Peserta didik dapat mencari informasi yang mereka butuhkan untuk tugas yang diberkan guru melalui perpustakaan. Pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh guru dan siswa sangat baik. Beberapa guru menjadikan koleksi perpustakaan sebagai bahan ajar tambahan untuk mengajar. Informasi yang ada diperpustakaan dipergunakan dengan baik oleh guru dan siswa. Kata kunci :Peran Perpustakaan Sekolah, Proses Pembelajaran Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Fakultas Adab |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:55 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:55 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18801 |
Actions (login required)
View Item |