PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs N 1 PRABUMULIH

WIDYA, WIDYA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs N 1 PRABUMULIH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (308kB)

Abstract

Model Pembelajaran Pencapaian Konsep (Concept Attainment) adalah suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu peserta didik memahami suatu konsep tertentu. Model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) merupakan metode yang efisien untuk mempersentasikan informasi yang lebih terorganisir dari suatu topik yang luas menjadi suatu topik yang lebih mudah dipahami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu berupa Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilakukan kepada 60 peserta didik yang kemudian di bagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar yang kemudian akan peneliti berikan kepada peserta didik untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment). Hasil pengujian dari kedua kelompok tersebut terdapat peningkatan yang didapatkan melalui uji Mann Whitney dengan Zhitung sebesar 81,50 sehingga hasil ini menunjukkan bahwa Zhitung > Ztabel adalah 81,50 > 66,83, yang artinya “Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII setelah belajar menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment).” Hal ini dapat diartikan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat. Karena untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik dibutuhkan suatu stimulus yang dapat menarik perhatian.Maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Syukur Akidah Akhlak di MTs N 1 Prabumulih. Kata Kunci: Model Pencapaian Konsep, Hasil Belajar, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Concept Achievement Model Learning Outcomes Students
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:44
Last Modified: 07 Jan 2022 02:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18931

Actions (login required)

View Item View Item