EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KELOMPOK PETANI CAHAYA ALAM DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI PERTANIAN (Studi Pada Desa Cahaya Alam Kabupaten MuaraEnim)

FIRDAUS, MUHAMAD (2021) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KELOMPOK PETANI CAHAYA ALAM DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI PERTANIAN (Studi Pada Desa Cahaya Alam Kabupaten MuaraEnim). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
2.pdf

Download (242kB)
[img] Text
3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4.pdf

Download (501kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (205kB)
[img] Text
dpstaka.pdf

Download (199kB)
[img] Text
kover.pdf

Download (254kB)

Abstract

Sektorpertanian sebagaisalah satu sektoryang berpengaruh di perekonomianbangsaIndonesia. Usahatanisebagaiaktivitasyanglebih baikdilihatdariadanyapeningkatandalam produktivitaspertanian.DiDesa CahayaAlamKabupatenMuaraEnimterdapatKelompokPetaniCahayaAlam. Komunikasiterjadiantaranggota kelompok petanimengenaiinformasi pertanian, untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Akan tetapi, ditemukanbeberapapermasalahanyangterjadidalam proseskomunikasi parapetanidikelompokpetaniCahayaAlam terdapatbeberapapetaniyang masihbelum mengertimengertipenerapanperawatanpertaniankhususnya dalam jenissayuran,masihterdapatbeberapaanggotakelompokyangtidak dapatmeningkatkanproduksisayuranmereka.Penelitianinibertujuanuntuk mengetahuiefektivitaskomunikasikelompokdanuntukmengetahuikendala yang terjadidalam komunikasiKelompokPetaniCahayaAlam DiDesa Cahaya Alam Kabupaten Muara Enim Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian.Penelitianinidiharapkandapatmenjadiinformasibagipenelitian sejenisyangakandilakukan.Selainitujugauntukmemberikaninformasi komunikasikelompokpetanidalam peningkatanproduksipertanianMetode yang digunakan pada penelitian iniadalah deskriptifkualitatif.Teknik pengumpulandatamenggunakanobservasi,wawancara,dandokumentasi. Informandalam penelitianiniyaituberjumlah7informandanterdiridari1 orangketuakelompokpetaniCahayaAlam,1orangsekretariskelompok,dan 5oranganggotakelompokpetaniCahayaAlam Berdasarkanhasilpenelitian menunjukkanbahwakomunikasiyangdilakukanKelompokPetaniCahaya Alam sudah efektifdan memenuhiukuran efektivitas komunikasiyaitu pemahaman,kesenangan,mempengaruhisikap,memperbaikihubungandan adanyatindakanyangdilakukan.Sedangkankendaladalam komunikasiyaitu keterbatasan alat,waktu dan tempatuntuk pertemuan para anggota KelompokPetaniCahayaAlam. KataKunci:Efektivitas,Komunikasi,Kelompok,Petani,Pertanian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Jan 2022 05:46
Last Modified: 11 Jan 2022 05:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18980

Actions (login required)

View Item View Item