PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH PALEMBANG

Aliyah, Jannati (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (64kB)

Abstract

Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas belajar siswa, serta guru masih menggunakan metode konvensional dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Dramatic Learning terhadap kreativitas belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hikmah Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen dan menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan bentuk PosttestOnly Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII di MTs Al-Hikmah Palembang yang berjumlah 125, untuk sampel yang digunakan adalah 20 siswa kelompok kontrol dan 20 siswa kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dan siapapun dari populasi berkesempatan menjadi sampel, sedangkan untuk teknik pengumpulan data, teknik yang digunakan ialah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dari berbagai sumber, data tersebut dianalisis menggunakan rumus uji t yang menggunakan sampel kecil (N kurang dari 30). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Dramatic Learning terhadap kreativitas belajar siswa kelas VII, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan rumus uji-t yang menunjukkan bahwa nilai tobservasi atau thitung yaitu 13,818 lebih besar daripada ttabel baik pada taraf signifikan 5% yaitu 2,02 maupun pada 1% dengan nilai yaitu 2,71. Kata Kunci: Model Pembelajaran Dramatic Learning, Kreativitas Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Dramatic Learning Kreativitas Belajar Siswa
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:49
Last Modified: 13 Jan 2022 05:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item View Item