PERAN DOSEN PEMBIMBING TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN MAHASISWA MELALUI PROGRAM TAHFIZH LABORATORIUM KEAGAMAAN FITK UIN RADEN FATAH PALEMBANG

AKBAR, RAHMATULLAH (2021) PERAN DOSEN PEMBIMBING TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN MAHASISWA MELALUI PROGRAM TAHFIZH LABORATORIUM KEAGAMAAN FITK UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (746kB)
[img] Text
2.pdf

Download (471kB)
[img] Text
3.pdf

Download (412kB)
[img] Text
4.pdf

Download (710kB)
[img] Text
5.pdf

Download (130kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (707kB)

Abstract

Penelitian kali ini membahas tentang peran dosen pembimbing tahfizh dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an mahasiswa melalui program tahfizh Laboratorium Keagamaan FITK UIN Raden Fatah Palembang. Tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui peran dosen pembimbing tahfizh dalam meningkatkan hafalan AlQur’an mahasiswa, serta faktor pendukung dan penghambat dosen pembimbing tahfizh dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah penelitian kualitatif, penelitian yang berlandaskan kepada filsafat postpositivisme. Untuk menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu menentukan informan dengan berbagai macam pertimbangan seperti individu dapat menyajikan informasi yang berkaitan dengan penelitian kali ini, pengumpulan data dalam penelitian kali ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa peran dosen pembimbing tahfizh dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an mahasiswa melalui program tahfizh Laboratorium Keagamaan FITK UIN Raden Fatah Palembang adalah sebagai guider (pembimbing), motivator (pemberi motivasi), muwajjih (penerima setoran), pelatih, dan penilai. Adapun faktor pendukung dosen pembimbing tahfizh dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an mahasiswa adalah karakteristik mahasiswa yang rajin, fokus, aktif, dan tulus dalam menghafalkan AlQur’an, mahasiswa yang memiliki latar belakang sekolah keagamaan, seperti dari pondok pesantren, dan Madrasah Aliyah, karakteristik dosen pembimbing tahfizh yang terbuka kepada mahasiswa, tingkat intelektualitas dosen pembimbing tahfizh dalam menghafalkan Al-Qur’an, interaksi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing tahfizh, metode yang digunakan mahasiswa dalam menghafalkan AlQur’an, fasilitas mahasiswa dalam menghafalkan Al-Qur’an, lingkungan sekitar kampus, dan support dari civitas akademika. Sedangkan faktor penghambat dosen pembimbing tahfizh dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an mahasiswa adalah mahasiswa yang tidak mempunyai kesadaran, kurang memiliki niat, tidak disiplin, dan kurang tulus dalam menghafalkan Al-Qur’an, keterbatasan waktu yang dimiliki oleh dosen pembimbing tahfizh, kondisi jaringan mahasiswa yang kurang stabil, sehingga menghambat bagi dosen pembimbing tahfizh yang menerima setoran mahasiswa secara online, dan lingkungan sekitar mahasiswa yang kurang bersahabat dalam menghafalkan Al-Qur’an, seperti lingkungan yang bising. Kata Kunci : Pembimbing Tahfizh, Hafalan Al-Qur’an, Laboratorium Keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Hal-hal umum tentang pendidikan > Mengajar dan pengajar
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Sekolah dan agama
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:04
Last Modified: 17 Jan 2022 04:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19080

Actions (login required)

View Item View Item