PELAKSANAAN PENDIDIKAN MORAL ANAK BERDASARKAN ASPEK KEIMANAN DI PANTI ASUHAN DAARUL AITAM PALEMBANG

SARI, FENTY MEYTIKA (2021) PELAKSANAAN PENDIDIKAN MORAL ANAK BERDASARKAN ASPEK KEIMANAN DI PANTI ASUHAN DAARUL AITAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I REAL.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB V I.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Pendidikan Moral Anak di Panti Asuhan Daarul Aitam Palembang” yang dilatarbelakangi bahwa pendidikan agama sebagai pendidikan moral yang ada di lingkungan Panti Asuhan Daarul Aitam menciptakan anak untuk menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, mampu hidup layak, disiplin, dan dapat mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan pendidikan moral anak berdasarkan aspek keimanan di Panti Asuhan Daarul Aitam Palembang, dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan moral anak berdasarkan aspek keimanan di Panti Asuhan Daarul Aitam Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan moral anak berdasarkan aspek keimanan di Panti Asuhan Daarul Aitam Palembang, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan moral anak berdasarkan aspek keimanan di Panti Asuhan Daarul Aitam Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah ketua panti asuh dan informan pendukung pengasuh dan anak asuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, kesimpulan, verifikasi data dan triangulasi data. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan: Pertama, pelaksanaan pendidikan moral anak berdasarkan aspek keimanan melalui delapan tahapan yaitu adanya partisipasi semua pihak, adanya kerjasama antara pemimpin dan anggota, adanya motivasi dari pimpinan, adanya komunikasi secara efektif, adanya pelatihan, adanya pemberian penghargaan, adanya pemenuhan kebutuhan, dan adanya evaluasi. Kedua, faktor pendukung meliputi adanya motivasi anak, adanya dukungan dari lingkungan masyarakat yang baik, adanya dukungan dari pengasuh/pengurus. Sedangkan faktor penghambat yaitu keadaan anak asuh yang berbeda-beda, kurangnya perhatian anak asuh, dan kurangnya perhatian dari pengasuh. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan moral anak berdasarkan aspek keimanan di Panti Asuhan Daarul Aitam Palembang sudah berjalan dengan baik dengan adanya partisipasi semua pihak dengan cara memotivasi anggota dan anak asuh, melakukan komunikasi secara efektif, memberikan penghargaan terhadap kegiatan mereka dalam pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien. Pendidikan moral di Panti Asuhan Daarul Aitam Palembang tidak terlepas dari pendidikan agama khususnya adalah agama islam hal ini ditunjukkan dengan adanya sejumlah kegiatan yang diwajibkan kepada anak asuh untuk mengikutinya. Pendidikan moral itu tidak terlepas dari keyakinan beragama. Apabila keimanan mereka kuat Insha Allah moral mengikuti keimanan mereka kepada Allah SWT. Kata Kunci : Pelaksanaan Pendidikan Moral Anak Berdasarkan Aspek Keimanan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pendidikan Moral Anak Berdasarkan Aspek Keimanan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:44
Last Modified: 18 Jan 2022 04:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19106

Actions (login required)

View Item View Item