Pengaruh Nilai Taksiran dan Biaya Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Gadai Emas di Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Palembang

Noviyanti, Karlina (2021) Pengaruh Nilai Taksiran dan Biaya Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Gadai Emas di Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
2.pdf

Download (618kB)
[img] Text
3.pdf

Download (553kB)
[img] Text
4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (200kB)

Abstract

Melihat perkembangan ekonomi Islam saat ini, menjadikan lembaga keuangan ikut berkembang menjadi lembaga keuangan syariah termasuk lembaga keuangan non bank syariah yaitu Pegadaian Syariah. Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Palembang merupakan salah satu cabang Pegadaian Syariah yang berada di kota Palembang. Pegadaian Syariah hadir untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dana sesuai prinsip syariah dengan produk utamanya yaitu gadai emas. Adanya nilai taksiran emas yang tinggi serta biaya ijarah (sewa) yang terjangkau, dapat mempengaruhi keputusan nasabah untuk melakukan gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Palembang. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen yaitu nilai taksiran dan biaya ijarah terhadap variabel dependen yaitu keputusan nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 88 responden yang menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode sampling purposive. Metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner serta pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel nilai taksiran memiliki nilai thitung (4,917) > ttabel (1,988) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,050 yang artinya bahwa secara parsial variabel nilai taksiran berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan nasabah. Dan variabel biaya ijarah memiliki nilai thitung (3,085) > ttabel (1,988) dan nilai signifikansi 0,003 < 0,050 yang artinya bahwa secara parsial variabel biaya ijarah berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan nasabah. Dan nilai Fhitung > Ftabel karena 31,011 > 3,104 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai taksiran dan biaya ijarah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam melakukan gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nilai Taksiran Biaya Ijarah Keputusan Nasabah
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi keuangan > Lembaga perkreditan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:47
Last Modified: 18 Jan 2022 02:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item View Item