PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI MI AL-ADLI PALEMBANG

MARINA, MARINA (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI MI AL-ADLI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)

Abstract

Salah satu potensi inteligensi yang ada pada peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan ini perlu dikembangkan karena peserta didik merupakan anggota masyarakat yang dituntut perannya untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang menerapkan metode problem solving dengan metode lainnya pada pembelajaran PPKn di kelas IV di MI Al Adli Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true exsperimental design dengan menggunakan posttest only control design. Desain ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran problem solving tergolong tinggi dilihat dari persentase nilai siswa yang tergolong sangat rendah 2 peserta didik dengan 16,2% dan yang tergolong sangat tinggi 9 peserta didik dengan 81%. Sedangkan berpikir kritis siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran problem solving tergolong rendah dilihat dari persentase nilai siswa yang tergolong sangat rendah 5 peserta didik dengan 16,2% dan yang tergolong sangat tinggi 6 peserta didik dengan 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IV MI Al-Adli palembang. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Problem Solving Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:46
Last Modified: 18 Jan 2022 04:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item