TERAPI AUDIO MUROTTAL AL-QUR’AN SEBAGAI SOLUSI PENYEMBUHAN PADA PENYAKIT FISIK REMAJA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ahlul Qur’an Palembang)

PUTRI, LUTHFIYAH HARANI (2021) TERAPI AUDIO MUROTTAL AL-QUR’AN SEBAGAI SOLUSI PENYEMBUHAN PADA PENYAKIT FISIK REMAJA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ahlul Qur’an Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
2.pdf

Download (893kB)
[img] Text
3.pdf

Download (716kB)
[img] Text
4.pdf

Download (747kB)
[img] Text
5.pdf

Download (601kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (701kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (713kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (622kB)

Abstract

Penanganan penyakit harus dilakukan dengan tepat agar tidak menyebabkan efek berkelanjutan didalam tubuh manusia tetapi dalam penyembuhan tersebut juga diiringi dengan ber-Ikhtiar kepada Allah. Tingkat kortisol dapat dikurangi dengan membaca ayat-ayat dari Al-Qur’an, membuat hormon Endorfin menjadi aktif secara alami, membuat perasaan menjadi relaks, dan menghilangkan kegelisahan seperti rasa takut, cemas, dan tegang. Memperbaiki system kimia didalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah, laju pernafasan yang lebih dalam dan metabolisme yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil dan perubahan pada kondisi fisik manusia, dalam kasus ini pada santri Takhosus di Pondok Pesantren Ahlul Quran Palembang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Bentuk penelitian ini adalah studi lapangan atau field research sedangkan model penelitian menggunakan model penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Terapi Audio Murottal Al-Qur’an akan meningkatkan kualitas kesadaran diri terhadap Allah SWT. Dalam keadaan ini otak berada pada gelombang alpha yang merupakan gelombang otak ber frekuensi 7-14 Hz. Gelombang otak ini berada dalam keadaan optimal dan menyingkirkan keadaan yang menggangu pikiran seperti stress dan sebagainya. Dalam keadaan otak yang tenang, otak dapat berfikir dengan jernih dan dapat merenungan keberadaan Allah SWT sehingga terbentuknya harapan dan keyakinan yang positif terhadap kesembuhan sebuah penyakit Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Terapi Audio Murottal AlQur’an adalah sebuah inovasi yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan. Maka Terapi Audio ini harus dilakukan dengan konsisten dan dengan ber-iktiar kepada Allah SWT, hasil analisa 7 Santri terindikasi baik setelah dilakukan Terapi Audio Murottal Al-Qur’an tersebut. Dilihat dari kondisi fisik santri Takhosus Pondok Pesantren Ahlul Qur’an Palembang sebelum dan sesudah menghafal AlQur’an mengalami perubahan dan berkurangnya rasa nyeri pada anggota tubuh serta tidak lagi memiliki ketergantungan terhadap obat peredah rasa nyeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x5 Akhlak dan Tasawuf
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tasawuf dan Psikoterapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:41
Last Modified: 09 Feb 2022 08:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19337

Actions (login required)

View Item View Item