TERAPI AKUPRESURE DALAM PANDANGAN ISLAM (Studi Kasus Penyakit Pernafasan Di Klinik Akupresure Hokian Shaolin Shi Ny. Yuli Susianti Kota Palembang)

HENDRI, HENDRI (2022) TERAPI AKUPRESURE DALAM PANDANGAN ISLAM (Studi Kasus Penyakit Pernafasan Di Klinik Akupresure Hokian Shaolin Shi Ny. Yuli Susianti Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (758kB)
[img] Text
2.pdf

Download (618kB)
[img] Text
3.pdf

Download (562kB)
[img] Text
4.pdf

Download (780kB)
[img] Text
5.pdf

Download (427kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Terapi Akupresure Dalam Pandangan Islam (Studi Kasus Penyakit Pernafasan Di Klinik Akupresure Hokian Shaolin Shi Ny. Yuli Susianti Kota Palembang” Akupresure merupakan seni penyembuhan kuno yang menggunakan ujung jari, siku atau menggunakan alat bantu tumpul dan tidak melukai permukaan tubuh untuk menekan titik-titik tertentu sesuai dengan titik akupuntur pada tubuh guna merangsang kemampuan diri kuratif dalam tubuh. Berbicara mengenai Akupresure Ny. Yuli Susianti adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan (pengobatan alternatif). Untuk membantu orang yang menderita penyakit, baik penyakit ringan atau penyakit berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Terapi Akupresure dalam pandangan Islam studi kasus penyakit pernafasan. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah,(1) Bagaimana Teknik, Metode, dan Proses Terapi Akupresure Terhadap Penyakit Pernafasan Di Klinik Hokian Shaolin Shi Ny. Yuli Susianti (2) Bagaimana Teknik, Metode, dan Proses Terapi Akupresure Terhadap Penyakit Pernafasan Di Klinik Akupresure Hokian Shaolin Shi Ny. Yuli Susianti Menurut Pandangan Islam.Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pengembangan (research and develoment) Kesimpulan dari hasil penelitian ini Teknik, Metode, dan Proses Terapi Akupresure Terhadap Penyakit Pernafasan Di Klinik Akupresure Hokian Shaolin Shi Ny. Yuli Susianti yaitu, pelaksanaan terapi akupresure pada penyakit pernafasan bahwa, Pertama, Penguatan merupakan metode yang dilakukan pada saat terapi akupresure yang sifatnya masuk dalam kelompok Yin. Kedua, Pelemahan ini merupakan metode yang dilakukan pada saat terapi akupresure pada penyakit pernafasan yang sifat penyakitnya masuk dalam kelompok Yang. Dalam pandangan Islam teknik terapi terbagi menjadi 2 yakni, terapi tabi’iyyah yakni penyembuhan segi jasmani terkait penyakit yang dialami oleh penderita, seperti penyakit kejiwaan. Sedangkan terapi ruqyah syar’iyyah ialah proses penyembuhan yang menggunakan bacaan Kalam Allah dan doa-doa yang mustajab kepada pasien yang diruqyah. Dari proses tersebut peneliti menyimpulkan melalui terapi akupresure penyakit pernafasan dengan pasien untuk mengetahui penyakit yang diagnosa melalui akupresure tersebut. Dalam penekanan arah titik-titik malasah mempunyai reaksi terhadap daerah di sekitar titik yang mengalami masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Terapi Akupresure, Pandangan Islam, Penyakit Pernafasan
Subjects: 600 Teknologi > Kedokteran (umum)
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tasawuf dan Psikoterapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:03
Last Modified: 15 Feb 2022 03:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item View Item