SUSANTO, DONI (2021) Analisis Manajemen Program Mujahadah dan Pembibitan (MABIT) di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan (Studi pada Santri Kelas Berkelanjutan Program Tahfzihul Qur’an)”. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
1.pdf Download (330kB) |
|
Text
2.pdf Download (357kB) |
|
Text
3.pdf Download (359kB) |
|
Text
4.pdf Download (288kB) |
|
Text
5.pdf Download (89kB) |
|
Text
KOVER.pdf Download (103kB) |
|
Text
DPUSTAKA.pdf Download (147kB) |
Abstract
Doni Susanto, NIM. 19102012005. Analisis Manajemen Program Mujahadah dan Pembibitan (MABIT) di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan Indonesia (Studi pada Santri Kelas Berkelanjutan Program Program Tahfizhul Qur’an). Salah satu upaya nyata pondok pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya dalam menginovasi pendidikan yaitu dengan menyelenggarakan kelas lanjutan Program Mujahadah dan Pembibitan (MABIT) yang beroreantasi dalam mencetak kader intelektual ulama dengan prioritas mendapat beasiswa penuh ke luar negeri. Untuk dapat mengelola program seperti ini sangat diperlukan kemampuan pengurus program dalam perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling) sangat dibutuhkan. Penelitian ini dilakukan oleh penulis di PP. Al-Ittifaqiah Indralaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan manajemen program MABIT berdasarkan teori manajemen George R. Terry (POAC), juga faktorfaktor pendukung dan penghambat manajemen program MABIT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi dan bahan referensi. Temuan penelitian yang diperoleh ialah: (1) Langkah-langkah perencanaan program MABIT meliputi: menetapkan tujuan dan target program, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target program, menentukan sumber daya yang diperlukan, dan menetapkan standar atau indikator keberhasilan pencapaian tujuan dan target program, (2) Pengorganisasian program MABIT meliputi: mengalokasikan sumber daya, merumuskan/menetapkan tugas, menetapkan prosedur yang diperlukan dalam program, menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan/tanggungjawab, perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan SDM serta penempatan SDM pada posisi yang paling tepat, (3) Pelaksanaan program MABIT telah dapat berjalan dengan lancar dan maksimal, meski beberapa anak mengalami kelelahan akibat aktivitas intens setiap hari, dan (4) Pengawasan program MABIT dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, dan semesteran. Adapun faktor pendukung utama progam MABIT: kerjasama tim dan jenjang pendidikan pengurus program. Sedangkan faktor penghambat implementasi program MABIT yaitu: tanggung jawab akademik tenaga pendidik, kesiapan santri secara psikologis, dan kurangnya pengawasan dari pihak pimpinan pesantren.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > 86104 - Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 08:27 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 08:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19384 |
Actions (login required)
View Item |