RITUAL PENARI PEREMPUAN DALAM KESENIAN TARI DOLALAK (Studi Kasus Di Desa Kaliharjo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Jawa Tengah)

IRNATILAWATI, MIKA (2022) RITUAL PENARI PEREMPUAN DALAM KESENIAN TARI DOLALAK (Studi Kasus Di Desa Kaliharjo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Jawa Tengah). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2.pdf

Download (179kB)
[img] Text
3.pdf

Download (151kB)
[img] Text
4.pdf

Download (185kB)
[img] Text
5.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (21kB)

Abstract

Skripsi ini diberi judul “RITUAL PENARI PEREMPUAN DALAM KESENIAN TARI DOLALAK (Studi Kasus Di Desa Kaliharjo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Jawa Tengah)”. Kesenian tari dolalak ini memiliki latar belakang sejarah yang berbeda dengan tari rakyat jenis lainnya. Kemunculan dolalak sangat berkaitan erat dengan penjajahan Belanda. Hal ini disebabkan karena daerah Purworejo pada saat itu dipakai sebagai asrama atau tangsi bagi serdadu-serdadu Belanda. Kata dolalak berasal dari lafal notasi nada do-la-la notasi lagu diatonik yang dinyanyikan oleh serdadu Belanda.Sebelum tahun 1968 di Purworejo semua penari dolalak adalah laki-laki dewasa yang berjumlah sepuluh sampai enam belas orang. Kemudian mulai bergerak lagi sekitar pada tahun 1970, kesenian dolalak mulai diperankan penari perempuan. Dalam kesenian dolalak pula memiliki ritual sehingga para pemainnya mengalami kejadian trance (kesurupan). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang faktor yang mempengaruhi perempuan memainkan kesenian tari dolalak serta mengetahui bagaimana pelaksanaan ritual dalam kesenian tari dolalak yang berada di Desa Kaliharjo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Penelitian ini juga bermanfaat secara praktis dan teoritis. Pembahasan masalah tersebut dideskripsikan dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang mengangkat data dan permasalahan yang ada di masyarakat dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku seseorang yang diamati. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dalam pembahasan ini menjelaskan bahwa ada dua faktor yang melatarbelakangi perempuan memainkan kesenian tari dolalak, yaitu faktor eksternal dan internal.. Serta ritual yang dilakukan oleh penari yaitu membersihkan diri dari. Lalu pawang harus membaca mantra melalui sesaji berupa mawar jawon yang dibungkus daun pisang serta membakar kemenyan di bara api yang diletakan di bawah bedhuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Faktor, Ritual, Seni Tari Dolalak
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 16 Feb 2022 05:19
Last Modified: 16 Feb 2022 05:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19405

Actions (login required)

View Item View Item