UNSUR MAGIS PADA KESENIAN KUDA KEPANG DALAM PERSPEKTIF AQIDAH ISLAM (Studi Kasus di Desa Wana Mukti Kecamatan Pulau Rimau)

DEVI, KIKI DIAN FATMALA (2021) UNSUR MAGIS PADA KESENIAN KUDA KEPANG DALAM PERSPEKTIF AQIDAH ISLAM (Studi Kasus di Desa Wana Mukti Kecamatan Pulau Rimau). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Unsur Magis Pada Kesenian Kuda Kepang Dalam Perspektif Aqidah Islam (Studi Kasus di Desa Wana Mukti Kecamatan Pulau Rimau)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan aqidah Islam tentang adanya unsur magis yang ada pada kesenian kuda kepang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana kandungan mana instrumental, simbol dan gerak aktifitas kesenian tradisi kuda kepang. Kedua bagaimana pandangan aqidah Islam tentang adanya unsur magis yang ada pada kesenian kuda kepang di Desa Wana Mukti Kecamatan Pulau Rimau. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Model penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan ilmu antropologi dan ilmu tauhid. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer yaitu bersumber dari anggota grup kuda kepang “Turonggo Mudo”. Sedangkan data sekunder yaitu berupa literature dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini baik berupa buku, jurnal, skripsi dan internet. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian, menunjukkan bahwa unsur magis pada kesenian kuda kepang di Desa Wana Mukti Kecamatan Pulau Rimau, menurut pandangan aqidah Islam memiliki kecendrungan yang mengarah kepada kemusyrikan. Hal ini telihat pada pelaksanaan kesenian kuda kepang di Desa Wana Mukti Kecamatan Pulau Rimau, yang mana setiap pelaksanaannya dilakukan dengan membakar kemeyan, sesajen, dan membaca mantra dengan tujuan untuk meminta bantuan kepada Pak Nyang dan Bu Nyang untuk menjaga disekitar pertunjukan dari gangguan roh jahat. kesadaran akan kepercayaan terhadap roh yang dapat membantu membuat pemain kuda kepang yakin bahwa adanya kekuatan selain Allah SWT. oleh karena itu, perlunya kesadaran beragama dengan cara meningkatkan pengetahuan dan pengalaman ajaran Islam, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kuda Kepang, Magis, Aqidah Islam
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:14
Last Modified: 23 Feb 2022 07:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19539

Actions (login required)

View Item View Item