Analisis Framing Pemberitaan Demonstrasi Undang-Undang Cipta Kerja di Media Online Idntimes.com (Model Analisis Robert N. Entman)

SUSANTO, ARI (2021) Analisis Framing Pemberitaan Demonstrasi Undang-Undang Cipta Kerja di Media Online Idntimes.com (Model Analisis Robert N. Entman). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul, “Analisis Framing Pemberitaan Demonstrasi Undang-Undang Cipta Kerja di Media Online Idntimes.com (Model Analisis Robert N. Entman)”. Dilatarbelakangi pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dalam rapat paripurna pada tanggal 5 Oktober 2020 yang menuai beragam respon dari masyarakat, terutama penolakan. Akibatnya, ribuan massa melakukan aksi unjuk rasa menolak UU tersebut di kawasan DPR RI dan DPRD di berbagai daerah sejak tanggal 5 Oktober. Perkembangan demonstrasi setiap harinya diberitakan di berbagai media massa dengan sudut pandang pemberitaan yang berbeda-beda, salah satunya media online idntimes.com. Penelitian ini menganalisis bagaimana bentuk penyajian berita demonstrasi Undang-Undang Cipta Kerja? Dan, bagaimana berita tersebut dibingkai oleh media online idntimes.com? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis teks media, yang berfokus pada analisis framing (pembingkaian) model Robert N. Entman melalui empat tahapan yaitu, definisi masalah, memperkirakan penyebab masalah, membuat pilihan moral, dan menawarkan penyelesaian masalah. Pengumpulan data penelitian melalui observasi dan dokumentasi yang didapatkan dari website idntimes.com, dengan mengambil data primer berupa 15 berita dari total 150 berita yang dirilis di media online idntimes.com dalam rentang waktu 5-31 Oktober 2020. Hasil penelitian ini yaitu, media online idntimes.com membingkai realitas dari demontrasi Undangundang Cipta Kerja lebih dominan dengan menonjolkan aspek-aspek permasalahan dalam demonstrasi dari sudut pandang dampak buruk yang ditimbulkan. Selain itu, pada beberapa berita idntimes memberikan solusi yang lebih aman dan damai untuk menolak pengesahan UU Cipta Kerja. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu, penyajian berita dengan teknik penulisan piramida terbalik merupakan cara yang paling umum digunakan untuk memberitakan peristiwa besar seperti demonstrasi, dan dalam memberitakan demonstrasi UU Cipta Kerja, media online idntimes.com menonjolkan aspek-aspek permasalahan dalam demonstrasi dari sudut pandang dampak buruk yang ditimbulkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, pemberitaan demonstrasi, undang-undang cipta kerja, media online
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:35
Last Modified: 17 Mar 2022 03:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item