PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SEKAYU

Aprilia, Riska (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SEKAYU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini penentu keberhasilan setiap manusia diantaranya yaitu pendidikan Pendidikan bukan hanya prakarsa sebagai terjadinya pengalihan keterampilan dan pengetahuan melainkan juga melalui pengalihan nilai-nilai norma dan budaya. Pembelajaran yang berhasil ialah pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga tidak merasa bosan saat di kelas. Dalam usaha peningkatan mutu kegiatan belajar mengajar sangat efektif dengan menggunakan model pembelajaran, lantaran peserta didik diharapkan menggunakan kemampuan berpikir, mengasah kekompakan dalam sebuah kelompok serta peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai yaitu model pembelajaran scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian the posstest control design. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 209, dimana terdiri dari 6 kelas. Adapun sampel yang diambil yaitu siswa kelas VIII1 yang berjumlah 32 orang dan dibagi menjadi 2 grup untuk kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan 1) minat awal belajar siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran scramble mencapai nilai rata-rata 53,12 dan tergolong dalam kategori “sedang”. 2) setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran scramble minat siswa meningkat dengan skor rata-rata 64,25 dan tergolong “sedang”. 3) Model pembelajaran scramble mempengaruhi minat siswa untuk belajar, dibuktikan dengan hasil Thit = 5,00 > Ttab = 2,40 (nilai signifikan 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pembelajaran Scramble, Minat Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:00
Last Modified: 23 Mar 2022 04:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19887

Actions (login required)

View Item View Item