ANALISIS KESIAPAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI TARBIYATUL HUDA TANJUNG JATI OKU SELATAN SUMATERA SELATAN

Amelia, Yola (2022) ANALISIS KESIAPAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI TARBIYATUL HUDA TANJUNG JATI OKU SELATAN SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum terlihatnya kesiapan pendidik dalam menerapkan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kesiapan pendidik dalam merencanakan pembelaaran tematik, (2) bagaimana kesiapan guru dalam menerapkan pembelaaran tematik dan (3) bagaimana mengevaluasi pembelajaran pembelaaran tematik,Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III dan kelas IV, siswa kelas III dan kelas IV serta Kepala Madrasah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang diperoleh maka di analisis dengan menggunakan reduksi data dan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data maka peneliti menggunakan tiangulasi sumber, tekhnik, dan waktu. Hasil dari penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut. (1) Dalam membuat perencanaan, melaksanakan dan melakukan penilaian dalam kelas masing masing, dimana guru sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. (2) Dalam pelaksanaan juga memiliki beberapa faktor pendukung seperti sarana prasarana, fasilitas, peran kepala sekolah dan juga orang tua siswa, selain dari pada itu juga ada faktor yang dapat menghambat pelaksanaan pembelajaran diantara lain adalah perbedaan karakter dan latar belakang setiap siswa, lingkungan yang kurang mendukung di sekitar sekolah ataupun siswa, akan tetapi guru selalu memiliki solusi yang dapat dilakukan untuk menangani masalah tersebut. (3) Guru menggunakan penilaian autetik yang menilai aspek sikap dengan observasi, pengetahuan dengan tes tertulis dan penugasan dan keterampilan dengan ujuk kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Pendidik, Pembelajaran Tematik.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:12
Last Modified: 31 Mar 2022 03:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20009

Actions (login required)

View Item View Item