SPASIALISASI IKLAN NU GREEN TEA VERSI GREEN TEA TERENAK KATA NCT 127 (Analisis Teori Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco)

ANNISA, KHOLIFATUL (2022) SPASIALISASI IKLAN NU GREEN TEA VERSI GREEN TEA TERENAK KATA NCT 127 (Analisis Teori Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Praktik spasialisasi yang merupakan bagian dari ekonomi politik komunikasi rupanya dapat terjadi dalam sebuah konten iklan dengan memanfaatkan media online dan kepopuleran K-Pop. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan praktik spasialisasi dalam iklan Nu Green Tea yang menggunakan media online dalam beriklan dan relasi berkepentingan yang memanfaatkan kepopuleran idol K-Pop NCT 127 untuk meraup keuntungan dan perluasan kapital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teori ekonomi politik komunikasi Vincent Mosco yang berfokus pada praktik spasialisasi yaitu cara yang dilakukan institusi dalam menyajikan produknya dengan melewati batasan ruang dan waktu untuk perluasan kapital yang diinginkan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa spasialisasi dalam iklan Nu Green Tea hanyalah kedok semata, spasialisasi digunakan untuk perluasan kapital yang merujuk pada kekuatan kapitalisme dalam mempertahankan kepopuleran K-Pop di luar negeri, menghegemoni budaya K-Pop yang menggeser potensi bintang iklan lokal ke idol K-Pop di Indonesia dan membentuk budaya konsumerisme masyarakat yang lagi-lagi ditujukan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya bagi institusi berkepentingan. Kata Kunci: Ekonomi politik komunikasi, Spasialisasi, Iklan, K-Pop, Kapitalisme

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi politik komunikasi, Spasialisasi, Iklan, K-Pop, Kapitalisme
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:39
Last Modified: 21 Apr 2022 07:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item