“Peningkatan Rasa Empati Masyarakat Terhadap Program Pemberdayaan Masyarakat BUMDes Di Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir

YOSSA, YOSSA (2021) “Peningkatan Rasa Empati Masyarakat Terhadap Program Pemberdayaan Masyarakat BUMDes Di Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

BUMDes Gelam Indah adalah Badan Usaha Milik Desa yang dimiliki oleh pemerintah Desa dan masyarakat dengan komposisi kepemilikan mayoritas oleh pemerintah Desa. BUMDes di Desa Tanjung Gelam ini dijadikan dalam bentuk simpan pinjam dana desa agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa menjadi lebih baik dan dana tersebut bisa dijadikan usaha bagi masyarakat yang mengikuti program pemberdayaan BUMDes, maka dari itu masyarakat desa tersebut memiliki rasa empati yang tinggi atau dukungan terhadap BUMDes di Desa Tanjung Gelam . Strategi yang dilakukan Desa Tanjung Gelam untuk program BUMDes yaitu meminjam kan uang kepada masyarakat untuk dijadikan usaha . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa empati masyarakat desa terhadap program pemberdayaan BUMDes di Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya serta perubahan yang terjadi di desa Tanjung Gelam saat mengikuti program pemberdayaan BUMDes. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa Peningkatan Rasa Empati masyarakat terhadap program pemberdayaan BUMDes di Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir dapat merubah keadaan masyarakat desa dimulai dari perekonomian, keadaan lingkungan masyarakat, serta rasa empati masyarakat terhadap program-program desa. Dalam program BUMDes setiap tahunnya dapat mengalami perubahan pada masyarakat terutama rasa empati yang tinggi terhadap program BUMDes, hasil usaha yang dijalankan lebih meningkat, masyarakat lebih banyak untuk daftar atau mengikuti kegiatan program desa yaitu BUMDes serta menimbulkan kerja sama yang baik antara pemerintah desa dengan masyarakat Desa Tanjung Gelam seperti sama sama mendapatkan keuntungan dari program BUMDes tersebut. Pembentukan BUMDes Gelam Indah ini bisa diartikan untuk mendorong dan menampung seluruh kegiatan ekonomi masyarakat yang berkembang sesuai adat istiadat/budaya setempat untuk dikelola bersama pemeritah desa dan masyarakat desa. BUMDes Gelam Indah ini berazaskan Pancasila serta berlandaskan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kata Kunci: Peningkatan, Rasa Empati, Program BUMDes.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Rasa Empati, Program BUMDes.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 22 Apr 2022 08:27
Last Modified: 22 Apr 2022 08:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item View Item