PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, WORD OF MOUTH, DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN E-WALLET DANA PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

MELFIRA, ALISA (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, WORD OF MOUTH, DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN E-WALLET DANA PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kemajuan teknologi dalam dunia fintech (financial technology) yang berkembang sangat pesat sehingga produsen berupaya semaksimal mungkin agar dapat bersaing dengan berevolusi untuk menciptakan kemudahan guna menjawab kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan. Penelitian ini dilakukan secara empiris dengan menguji variabel kualitas pelayanan, word of mouth, dan etika bisnis islam terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, menggunakan data primer dan sekunder. Data primer pada penelitian ini dihasilkan dari data kuesioner pada responden, sedangkan data sekunder dihasilkan dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang pengguna e-wallet DANA. Kemudian, sampel pada penelitian ini diambil melalui pendekatan metode purposive sampling dengan kriteria pernah menggunakan dan masih menggunakan e-wallet DANA. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 108 responden yang didapat melalui rumus Hair, et, al. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji r. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Maka dapat diartikan, semakin baik kualitas pelayanan maka akan semakin mempengaruhi perilaku konsumen sehingga memunculkan niat konsumen untuk memutuskan sesuatu yang dalam hal ini yaitu untuk menggunakan e-wallet DANA. Variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan ewallet DANA pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Artinya, semakin baiknya word of mouth terhadap suatu produk maka akan meningkatkan daya Tarik dan kepercayaan konsumen dalam membuat keputusan untuk menggunakan e-wallet DANA. Variabel etika bisnis islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Artinya, semakin baiknya etika bisnis islam dalam suatu produk maka akan membangun kepercayaan konsumen sehingga dapat meningkatkan minat konsumen untuk menggunakan e-wallet DANA. Secara simultan variabel kualitas pelayanan, word of mouth, dan etika bisnis islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Etika Bisnis Islam, dan Keputusan Menggunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Etika Bisnis Islam, dan Keputusan Menggunakan.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:13
Last Modified: 25 Apr 2022 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item View Item