Pengaruh Tingkat Pendidikan, Religiusitas, Dan Gaya Hidup Masyarakat Terhadap Pola Konsumsi (Studi Pada Rumah Tangga Muslim Desa Tirtaharja Kab.Banyuasin)

Mahmudah, Siti Latifatul (2022) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Religiusitas, Dan Gaya Hidup Masyarakat Terhadap Pola Konsumsi (Studi Pada Rumah Tangga Muslim Desa Tirtaharja Kab.Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Konsumsi merupakan kegiatan ekonomi yang akan dilakukan oleh setiap individu secara berulang-ulang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu kebutuhan primer maupun sekunder. Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada umatnya untuk hidup secara sederhana, tidak berlebih-lebihan termasuk dalam kegitan konsumsi, hendaknya harus sesuai dengan syari’at islam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari tingkat pendidikan, religiusitas, dan gaya hidup masyarakat desa Tirtaharja terhadap pola konsumsi rumah tangganya. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat desa Tirtaharja dengan jumlah 87 sampel yang menjadi perwakilan dari seluruh populasi. Setelah didapatkan data berdasarkan kuisioner yang telah disebarkan, kemudian dilakukan beberapa analisis terhadap data-data tersebut untuk mengetahui ada tidaknya korelasi dari tingkat pendidikan, religiusitas, dan gaya hidup masyarakat terhadap pola konsumsi. Setelah dilakukan pengolahan data, hasil menunjukan bahwa semua variabel independen yang diuji secara simultan (uji f) berpengaruh positif dn signifikan terhadap pola konsumsi. Hasil uji R2 menunjukan bahwa 0,154 yang artinya variabel independen dalam penelitian ini mempengaruhi pola konsumsi masyarakat sebesar 15,4%. Dan sisanya 84,6% dipengaruhi oleh varibael lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Religiusitas, Gaya Hidup, Pola Konsumsi
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 23 May 2022 04:30
Last Modified: 23 May 2022 04:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20439

Actions (login required)

View Item View Item