POLA KOMUNIKASI GURU AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ULA BURAI

HAMDANI, M. ZAKI (2022) POLA KOMUNIKASI GURU AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ULA BURAI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB iI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB iII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB iIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB iIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
POLA KOMUNIKASI GURU AGAMA DALAM PEMBINAAN.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan bagian yang paling penting dalam kehidupan seharihari. Dalam berkomunikasi memiliki beberapa bentuk antara lain, komunikasi Interpersonal, komunikasi antarpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Perlu disadari bahwa peran komunikasi sangat penting dalam kehidupan bersosialisasi, bahkan dalam kegiatan belajar-mengajar.Pola komuikasi langsung dan tidak langsung yang digunakan guru agama dalam pembinaan akhlak terhadap siswanya merupakan sebuah komunikasi yang sangat begitu penting dalam menyampaikan pesannya kepada para siswanya tersebut. Banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi disekolah mengenai siswa dalam berfikir dan bersikap lain dengan yang diajarkan oleh gurunya. Bahwasannya tujuan pendidik dalam kegiatan belajar-mengajar adalah untuk dapat mencerdaskan dan meningkatkan kualitas siswa-siswi mereka. Maka hal itu dipermasalahkan dalam proses berkomunikasi yang disampaikan oleh guru kepada siswa didiknya.Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif.penelitian ini merupakan penelitian lapangan (failed research) bersifat kualitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara systematis dengan mengangkat yang ada dilapangan. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa dan guru yang berada di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ula Burai. Jenis sampel yang penulis gunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode obsevasi, wawancara, dan metode dokumentasi.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh guru agama dalam pembinaan akhlak, sudah tercipta dengan baik dan bisa dilihat dari tingkat kedisiplinan dan tanggung jawab mereka yang sudah menerapkan akhlak yang baik di lingkungan sekolah. Dan juga di dukung dengan kegiatan program-program yang mendukung dalam pembinaan akhlak. Kata kunci : Pola Komunikasi, Guru Agama, Dan Pembinaan Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Guru Agama, Dan Pembinaan Akhlak Siswa
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:36
Last Modified: 03 Jun 2022 02:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20530

Actions (login required)

View Item View Item