DIMAS, MUHAMMAD (2022) تعليم اللغة العربية ابستخدام كتاب الكاىف يف علم الصرف ىف مسكن برسيس)االحتاد االسالمي( مدينة بغار عام (Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Kitab Al Kaafi Fii Ilmi Sharfi Di Asrama Persis (Persatuan Islam) Kota Pagaralam.). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
الباب االول.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text
الباب اخلامس.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text
الباب الثالث.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text
الباب الثاي.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
||
Text
الباب الثاي.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
||
Text
الباب الرابع.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
تعليم اللغة العربية ابستخدام كتاب الكاىف يف علم الصرف ىف مسكن.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text
قائمة املراجع.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang tujuan, metode dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Al Kaafi fii Ilmi Sharfi di Asrama Persis (Persatuan Islam) kota Pagaralam. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran sharaf atau morfologi terkadang masih dianggap mudah dipelajari bagi para pelajar bahasa Arab tingkat pemula, sehingga mata pelajaran ini pun mulai diajarkan di kelas satu SMP di berbagai sekolah dan lembaga, salah satunya di asrama Persis Pagaralam. Pembelajaran Sharaf pun menjadi momok tersendiri bagi para siswa dikarenakan tidak pernah mencapai nilai memuaskan dalam ujian ataupun ulangan dan bagi guru pun menjadi sebuah kebingungan dan keresahan tersendiri karena ketidakmampuan siswa dalam menyerap dengan baik materi yang disampaikan walaupun sudah digunakan berbagai macam metode yang terkenal efektif dalam mencapai keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Kesimpulan dalam penelitian ini pertama: Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Al Kaafi fii Ilmi Sharfi ini bertujuan untuk bisa memahami Al-Quran dan hadist yang mana keduanya merupakan sumber pokok ajaran Islam dan memahami literatur bahasa Arab lainya. Kedua: Metode pembelajaran kitab Al kaafi fii Ilmi Sharfi ini menggunakan metode intiqaiyyah. Ketiga: bentuk evaluasi yang digunakan pada pembelajaran kitab Al Kaafi fii Ilmi Sharfi ini adalah dengan cara ulangan harian baik itu berupa menjawab soal-soal yang ada pada kitab tersebut ataupun praktek hafalan tasrif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab, Kitab Al Kaafi, ilmu Sharaf |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN #3 |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:23 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 02:23 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20680 |
Actions (login required)
View Item |