تعليم اللغة العربية بنموذج التعليم التعاوين نوع جكسو بكتاب مفهوم الصرف يف مدرسة دار النجاح املتوسطة ابجنون جااي اوكن الر

PRATAMA, ANANTA (2022) تعليم اللغة العربية بنموذج التعليم التعاوين نوع جكسو بكتاب مفهوم الصرف يف مدرسة دار النجاح املتوسطة ابجنون جااي اوكن الر. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
قائمة املراجع و املصادر.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
تعليم اللغة العربية بنموذج التعليم التعاوين نوع جكسو بكتاب مفهوم الصرف يف مدرسة.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab Mafhumush Sharfi di kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Bangun Jaya. Penelitian ini fokus pada pembelajaran Bahasa Arab materi Shorof dengan model jigsaw yang peniliti terapkan di kelas delapan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab dengan kitab mahfumush sharfi sebelum dan sesudah diterapankannya metode kooperatif tipe jigsaw serta efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode campuran atau mix method, dan mengambil tempat penelitian di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Bangun Jaya Ogan ilir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman. Dengan prosedur mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan prosedur analisis data kuantitatif dengan uji normalitas, uji homogenitas dan Uji T. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tujuan dari pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab mafhumush sharfi dengan metode kooperatif tipe jigsaw di kelas delapan ini adalah meningkatkan kemampuan peserta didik agar dapat memahami bahasa Arab terkhusus materi shorof dan mampu menumbuhkan rasa tanggung-jawab dalam diri peserta didik. Proses pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan kitab mafhumush sharfi dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw mampu membantu peserta didik dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan guru. Kitab ini dipilih karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pemula karena menggunakan bahasa arab melayu, materi disajikan dalam bahasa yang ringkas dan dilengkapi dengan contoh-contoh untuk membantu pemahaman peserta didik. Efektivitas dari metode yang peneliti gunakan menunjukkan hasil yang baik, terbukti dari uji analisis yang peneliti lakukan dengan hasil yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai siswa setelah diterapkannya model jigsaw. Rata-rata nilai siswa sebelum diterapkan model ini hanya sebesar 00.55 sedangkan setelah penerapan rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan menjadi 00.55 setelah dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Kitab Mahfumush Sharfi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Kitab Mahfumush Sharfi
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:12
Last Modified: 23 Jun 2022 04:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item