BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KISAH UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK TUNAGRAHITA DI YPAC PALEMBANG

Roliza, Putri Nur (2021) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KISAH UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK TUNAGRAHITA DI YPAC PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KISAH.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Bimbingan Kelompok Dengan Metode Kisah Untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Pada Anak Tunagrahita Di YPAC Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran akhlakul karimah anak tunagrahita di YPAC Palembang sebelum dilakukan bimbingan kelompok dengan metode kisah, mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode kisah untuk meningkatkan akhlakul karimah pada anak tunagrahita di YPAC Palembang, dan mengetahui bagaimana gambaran akhlakul karimah anak tunagrahita di YPAC Palembang setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan metode kisah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, subyek penelitian yaitu 8 orang anak tunagrahita di YPAC Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan bimbingan kelompok delapan subjek tersebut belum memiliki akhlakul karimah, karena belum bisa menyampaikan dan menjaga apa yang sudah dititipkan, masih belum bisa memaafkan orang lain, belum terlalu sabar, masih susah untuk merelakan akan apa yang ada, dan masih jarang menjaga kebersihan. Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan Metode Kisah dilakukan enam kali pertemuan dengan menggunakan langkah-langkah yakni tahap pembentukan, tahan peralihan, tahap kegiatan, dan tahap penutupan. Gambaran akhlakul karimah pada anak tunagrahita Di YPAC Palembang setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan metode kisah delapan subjek tersebut sudah dapat menyampaikan dan menjaga apa yang sudah dititipkan, sudah bisa memaafkan kesalahan orang lain, sudah bisa sabar, sudah bisa untuk merelakan akan apa yang ada, dan sudah bisa menjaga kebersihan. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Metode Kisah, Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Metode Kisah, Akhlakul Karimah
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:33
Last Modified: 24 Jun 2022 07:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20793

Actions (login required)

View Item View Item