KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENGATASI KONFLIK MASYARAKAT PENDATANG DAN MASYARAKAT LOKAL (STUDI PADA MASYARAKAT TALANG SAWAH KELURAHAN BANGUN REJO KECAMATAN PAGARALAM UTARA KOTA PAGARALAM )

DITALIANSYAH, M. YUPI (2022) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENGATASI KONFLIK MASYARAKAT PENDATANG DAN MASYARAKAT LOKAL (STUDI PADA MASYARAKAT TALANG SAWAH KELURAHAN BANGUN REJO KECAMATAN PAGARALAM UTARA KOTA PAGARALAM ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENGATASI KONFLIK.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Komunikasi Antarbudaya Dalam Mengatasi Konflik Masyarakat Pendatang Dengan Masyarakat Lokal (Studi Pada Masyarakat Talang Sawah Kelurahan Bangun Rejo Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam). Yang mencoba untuk mengungkapkan komunikasi antar budaya dalam mengatasi konflik yang terjadi antara masyarakat Pendatang dengan masyarakat lokal. Adapun Rumusan masalah yang diteliti pertama, apa saja bentuk konflik yang terjadi pada masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal Talang Sawah. Kedua bagaimana komunikasi antar budaya dalam mengatasi konflik masyarakat pendatang dan masyarakat lokal di Talang Sawah. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemuda Talang Sawah, RW, Lurah, dan Masyarakat pendatang. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi baik berupa foto maupun berbentuk data. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis kualitatif yaitu teknik analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dengan membandingkan teori-teori yang berkaitan dengan teori yang diteliti dengan fakta yang terjadi di lapangan. Dan hasil penelitian dalam skripsi ini disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa bentuk konflik yang terjadi pada masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal yakni sulit untuk saling berinteraksi, Kemudian Tidak mengikuti budaya & adat kebiasaan masyarakat setempat. Komunikasi antarbudaya yang digunakan dalam mengatasi konflik masyarakat pendatang dan masyarakat lokal di Talang Sawah dilakukan dengan cara : pertama, memberikan pemahaman mengenai budaya, bahasa, adat dan kebiasaan masyarakat Talang Sawah. Kedua, Melakukan kegiatan secara bersama seperti musyawarah dan gotong royong. Hal ini terbukti dapat dilihat pada diri masyarakat yang telah tertanam tingginya sikap toleransi dan memahami serta membantu masyarakat pendatang dalam beradaptasi dengan lingkungan dan budaya masyarakat Talang Sawah. Kata Kunci : Konflik, masyarakat lokal & pendatang, Komunikasi Antarbudaya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konflik, masyarakat lokal & pendatang, Komunikasi Antarbudaya
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:51
Last Modified: 30 Jun 2022 03:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20860

Actions (login required)

View Item View Item