PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN CACAH DI KELAS II SD / MI

Razika, Anna (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN CACAH DI KELAS II SD / MI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CORONG.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran corong berhitung pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah yang valid dan praktis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN 14 Tanjung Batu dengan jumlah siswa 12 orang peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa media corong berhitung yang dikembangkan terkategori valid. Hal ini terlihat dari hasil penilaian oleh ketiga validator yakni ahli desain sebesar 86, ahli bahasa sebesar 78 dan ahli materi sebesar 78, jadi skor rata-rata dari ketiga validator tersebut adalah sebesar 80,67. Yang mana berarti menurut kategori kevalidan skor yang diperoleh menunjukkan kategori valid. Media corong berhitung yang dikembangkan juga terkategori praktis. Yang mana pada tahap uji kepraktisan reseponden peserta didik peneliti memberikan angket pada tahap one to one dan small group. Angket yang diberikan pada peserta didik pada tahap one to one mendaptkan skor rata-rata 91 sedangkan pada tahap small group skor rata-rata nya 87. Jadi media pembelajaran corong berhitung tergategorikan sangat praktis. Karena semua aspek penilaian berada pada kategori valid dan praktis maka media pembelajaran corong berhitung layak digunakan. Kata kunci : Pengembangan media, Corong berhitung, Operasi hitung perkalian dan pembagian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media, Corong berhitung, Operasi hitung perkalian dan pembagian
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:27
Last Modified: 04 Jul 2022 04:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20958

Actions (login required)

View Item View Item