تطبيق قاموس معهدي ابستخدام طريقة مجل املفاهيمية ة النحو ّ ملاد يف املدرسة العالية اإلسالمية احلكومية 1 ابليمبانج Penerapan Kamus Ma’hadi Dengan Menggunakan Metode Concept Sentences Pada Materi Nahwu Di MAN 1 Palembang.

Savira, Viola (2022) تطبيق قاموس معهدي ابستخدام طريقة مجل املفاهيمية ة النحو ّ ملاد يف املدرسة العالية اإلسالمية احلكومية 1 ابليمبانج Penerapan Kamus Ma’hadi Dengan Menggunakan Metode Concept Sentences Pada Materi Nahwu Di MAN 1 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
قائمة املراجع و املصادر.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya buku atau kamus penunjang pembelajaran bahasa arab dalam memahami kaidah-kaidah nahwu dikarenakan belum disajikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, dalam menunjang diperlukan kamus yang ringkas sehingga dapat mempermudah siswa membawa dan melihatnya dimanapun dan kapanpun. Maka dari itu, peneliti menerapkan kamus ma’hadi dan peneliti menerapkan kamus ma’hadi dengan menggunakan metode Concept Sentences pada pembelajaran nahwu di kelas X IIS yang mana sebelumnya guru bahasa arab di MAN 1 Palembang mengajar menggunakan metode ceramah dan diskusi saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif yang merupakan metode campuran (mix method). Yang mana akan menghasilkan data-data campuran yaitu data dari analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari data yang diproleh merupakan hasil data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk mengukur kemampuan dan keefektifan pelaksanaan penelitian. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan penelitian uji coba menggunakan aplikasi SPSS dengan uji T yang didapatkan adalah nilai signifikan yaitu 00002 <0000 maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antar kelas eksprimen dan kelas kontrol dengan artian bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar kamus ma’hadi terkhusus pada materi nahwu sebelum dan sesudah menggunakan metode Concept Sentences dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun dalam perhitungan Uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah sebesar 77% termasuk dalam kategori efektif. Sementara nilai rata-rata N-Gain untuk kelas kontrol adalah sebesar 01,0005 % termasuk dalam kategori kurang efektif. Dengan demikian, maka dapat peneliti simpulkan bahwa penerapan kamus ma’hadi dengan menggunakan metode Concept Sentences dinyatakan efektif karena terdapat peningkatan pemahaman nahwu siswa di kelas X IIS di MAN 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:20
Last Modified: 07 Jul 2022 04:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21041

Actions (login required)

View Item View Item