Pembelajaran Maharotul Kalam Menggunakan Kitab Arobiyah Linnasyiin Jilid II Dengan Pendekatan Cooperative Script untuk Santriwati Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Langkan

Nazhira, Herny (2022) Pembelajaran Maharotul Kalam Menggunakan Kitab Arobiyah Linnasyiin Jilid II Dengan Pendekatan Cooperative Script untuk Santriwati Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Langkan. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pembelajaran Maharotul Kalam Menggunakan.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Kurangnya perhatian guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakteristik yang dimiliki oleh para siswa dalam mengajarkan pembelajaran maharotul kalam menjadi salah satu faktor pembelajaran ini membuat siswa pasif dan terkesan membosankan. Padahal pemilihan media dan pendekatan pembelajaran yang tepat dan inovatif tentunya dapat meningkatkan minat dan rasa ingin tahu peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang lebih bisa membuat siswa termotivasi dan terkesan aktif dengan penerapan sebuah media dan pendekatan pembelajaran, dalam hal ini peneliti memilih media pembelajaran yang berupa script dan bersumberkan dari kitab Arobiyah Linnasyiin Jilid II dan divariasikan pembelajarannya dengan pendekatan cooperative script yang penerapannya dengan belajar secara berkelompok agar mampu memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran maharotul kalam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif (Mixed Methods). Dengan model sequential exploratory dimana pada langkah pertama menggunakan data kualitatif dan selanjutnya menggunakan data kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi dan tes untuk mengukur kemampuan kalam siswa dan keefektifan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, melalui observasi siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian berdasarkan dari hasil posttest terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 65,94 dan 78,00. Selanjutnya berdasarkan hasil uji T nilai sig(2- tailed) yaitu0,000 < 0,005dan dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan kalam siswa dan penerapan dari pembelajaran kalam menggunakan kitab arobiyah linnasyiin jilid II dengan pendekatan cooperative script untuk santriwati di pondok pesantren sabilul muhtadin langkan terbukti keefektifannya. Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab Arobiyah Linnasyiin Jilid II, Pendekatan Cooperative Script, Maharotul Kalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kitab Arobiyah Linnasyiin Jilid II, Pendekatan Cooperative Script, Maharotul Kalam.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:38
Last Modified: 13 Jul 2022 03:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21127

Actions (login required)

View Item View Item