Strategi Dai Dalam Memotivasi Warga Shalat Berjamaah Di Masa Pandemi Covid-19 (studi pada jamaah masjid jami' desa Tanjung lago kabupaten Banyuasin Sumsel)

M.Al hikmatu Akbar, Akbar (2022) Strategi Dai Dalam Memotivasi Warga Shalat Berjamaah Di Masa Pandemi Covid-19 (studi pada jamaah masjid jami' desa Tanjung lago kabupaten Banyuasin Sumsel). Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah palembang.

[img] Text
SKRIPSI akbar Ok.docx

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah Strategi Dai Dalam Memotivasi Warga Shalat Berjamaah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Jama’ah Masjid Jami’ Desa Lago Tanjung Kabupaten Banyuasin Sumsel). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dai dalam memotivasi warga shalat berjamaah dimasa pandemi covid-19 studi pada jamaah masjid Jami’ Desa Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Sumsel. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu dilakukan dengan terjun langsung kelapangan serta berusaha mengumpulkan data dan informasi mengenai permasalahan dilapangan dimana penelitian ini terpaku pada jamaah masjid Jami’ Tanjung Lago. Ada dua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Dalam mengumpulkan data digunakan observasi , wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yaitu deskriftip kualitatif dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Al- Bayunani yaitu strategi sentimental, strategi rasional, dan strategi indrawi . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan berbagai strategi yang digunakan oleh dai yaitu melalui pendekatan kekeluargaan (fardiyah) dan strategi tatap muka skala kecil pada jumlah mad’u yang sedikit (mematuhi protokol kesehatan) seperti kegiatan pengajian, zikir bersama, dan kegiatan majelis satu bulan sekali, Degan berbagai strategi yang di sampaikan dai terlihat bahwa ada perubahan yang lebih baik, dai menyampaikan dakwahnya cukup berhasil sehingga jamaah masjid Jami’ Tanjung Lago melaksanakan shlat berjamaah dimasjid. Kata kunci: Strategi Dai, Motivasi, warga, Shalat Berjamaah, Covid-19, dan, Jamaah Masjid Jami’ Tanjung lago

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. AL HIKMATU AKBAR
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:47
Last Modified: 06 Oct 2022 01:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item View Item