YANA, MAR (2022) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BMT INSAN MULIA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (287kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh pembiayaan Mudharabah dan strategi pemasaran dalam perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Subjek dalam penelitian ini adalah anggota BMT Insan Mulia Palembang. Lokasi penelitian terletak di Jl. Lumpur No.4, Sialang, Kec. Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 40 anggota dan menggunakan teknik sampling jenuh dengan mengambil semua dari populasi sebanyak 40 anggota untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran kuisioner. Instrumen data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas, kemudian koefisien determinasi. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T dan uji F untuk melihat pengaruh secara parsial ataupun secara simultan. Taraf signifikansi dalam penelitian ini sebesar 5% pengelolahan data dalam penelitian ini dibantu dengan program SPSS Versi 22.0 Berdasarkan hasil uji t variabel pembiayaan mudharabah (X1) dan variabel perkembangan UMKM (Y), nilai t hitung > t tabel (7.383 > 2.026) dan nilai signifikan 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan UMKM di BMT Insan Mulia. Berdasarkan hasil uji t variabel strategi pemasaran (X2) dan variabel perkembangan UMKM (Y), nilai t hitung > t tabel (2.371 > 2.026) dan nilai signifikan 0.023 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan UMKM di BMT Insan Mulia. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pembiayaan Mudharabah (X1) dan strategi pemasaran (X2) terhadap perkembangan usaha mikro menengah (Y)
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mudharabah, Strategi pemasaran dan Perkembangan UMKM |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Maryana - - |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 00:59 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 00:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21485 |
Actions (login required)
View Item |