PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BMT INSAN MULIA PALEMBANG

YANA, MAR (2022) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BMT INSAN MULIA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh pembiayaan Mudharabah dan strategi pemasaran dalam perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Subjek dalam penelitian ini adalah anggota BMT Insan Mulia Palembang. Lokasi penelitian terletak di Jl. Lumpur No.4, Sialang, Kec. Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 40 anggota dan menggunakan teknik sampling jenuh dengan mengambil semua dari populasi sebanyak 40 anggota untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran kuisioner. Instrumen data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas, kemudian koefisien determinasi. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T dan uji F untuk melihat pengaruh secara parsial ataupun secara simultan. Taraf signifikansi dalam penelitian ini sebesar 5% pengelolahan data dalam penelitian ini dibantu dengan program SPSS Versi 22.0 Berdasarkan hasil uji t variabel pembiayaan mudharabah (X1) dan variabel perkembangan UMKM (Y), nilai t hitung > t tabel (7.383 > 2.026) dan nilai signifikan 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan UMKM di BMT Insan Mulia. Berdasarkan hasil uji t variabel strategi pemasaran (X2) dan variabel perkembangan UMKM (Y), nilai t hitung > t tabel (2.371 > 2.026) dan nilai signifikan 0.023 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan UMKM di BMT Insan Mulia. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pembiayaan Mudharabah (X1) dan strategi pemasaran (X2) terhadap perkembangan usaha mikro menengah (Y)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah, Strategi pemasaran dan Perkembangan UMKM
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Maryana - -
Date Deposited: 03 Aug 2022 00:59
Last Modified: 03 Aug 2022 00:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21485

Actions (login required)

View Item View Item