Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Guru di TK Putra I Palembang

Khairunnisa, Aisyah (2022) Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Guru di TK Putra I Palembang. Undergraduate Thesis thesis, Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Aisyah.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi Aisyah.K.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB I-BAB V Aisyah.K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka aisyah.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Abstrak Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Guru di TK Putra I Palembang”. Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan organisasi, termasuk organisasi sekolah. Proses interaksi komunikasi yang intens antara kepala sekolah, guru, staf dan siswa sangat penting. Pentingnya seorang kepala sekolah untuk mampu menjalin serta membina hubungan interpersonal yang baik dengan para bawahannya. Berdasarkan latar belakang tersebut yang memfokuskan terhadap kepemimpinan, manajemen, komunikasi guru maka dituangkan dalam pertanyaan sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di TK Putra I Palembang dan 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di TK Putra I Palembang. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil temuan sebagai berikut: 1. Mengetahui pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di TK Putra I Palembang. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di TK Putra I Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, untuk penelitian ini maka berdasarkan sumbernya, data penelitian ini dapat dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, melalui: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berlangsung melalui tiga tahapan model, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan data pada hasil penelitian mengenai pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah, peneliti akan membagi menjadi mengkoordinasi, memotivasi, berkomunikasi dan pengarahan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru terbagi kedalam dua pembahasan yaitu faktor yang menjadi pendukung komunikasi interpersonal dan faktor yang menjadi penghambat komunikasi interpersonal. Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Guru di TK Putra I Palembang sudah dilakukan dengan baik dan sudah berjalan dengan efektif serta telah sesuai dengan unsur-unsur pelaksanaan komunikasi di dalam organisasi sekolah yang dapat dikatakan berhasil diterapkan sesuai dengan kemampuan dan keperluan dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal. Faktor pendukung pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di TK Putra I Palembang yaitu: mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan komunikasi. Faktor penghambat pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru di TK Putra I Palembang yaitu: hambatan teknis dan hambatan semantik. Kata Kunci: Pelaksanaan, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Aisyah Khairunnisa -
Date Deposited: 08 Sep 2022 09:00
Last Modified: 08 Sep 2022 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22337

Actions (login required)

View Item View Item